20.6.13

 

CARA MEMBUAT LATAR BELAKANG MASALAH PENELITIAN

CARA MEMBUAT LATAR BELAKANG MASALAH PTK

LATAR BELAKANG MASALAH
Tujuan utama penelitian tindakan kelas (PTK) adalah untuk memecahkan permasalahan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam bab pendahuluan yang intinya memaparkan alasan atau latar belakang masalah, harus memuat hal-hal berikut ini :
  1. Masalah yang diteliti merupakan masalah yang aktual yang terjadi di kelas/sekolah, diperoleh dari pengamatan dan kajian (diagnosis) yang dilakukan oleh guru.
  2. Masalah yang akan diteliti merupakan masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan dan dapat dilaksanakan dilihat dari kesediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut.
  3. Identifikasi masalah penelitian disertai data pendukung, baik yang berasal dari pengamatan guru selama mengajar maupun dari kajian pustaka. Dukungan berupa hasil-hasil penelitian terdahulu, akan lebih mengokohkan argumentasi mengenai urgensi serta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melalui PTK yang diusulkan.
  4. Analisis masalah untuk menentukan akar penyebab masalahnya.
  5. Mencantumkan alternatif tindakan pemecahan masalah disertai argumentasi logis terhadap pilihan tindakan (mis. Kesesuaian dengan masalah, kemutakhiran, keberhasilan dalam penelitian sejenis, dll.).
  6. Kolaborasi antar anggota peneliti harus digambarkan secara jelas

Sedangkan kelemahan-kelemahan yang dialami oleh banyak penelitia dalam menyusun latar belakang masalah dan rumusan masalah biasanya berupa, yaitu:
  1. Permasalahan tidak diambil dari permasalahan nyata di kelas;
  2. Tidak menyertakan data pendukung;
  3. Potensi untuk perbaikan pembelajaran/tindakan yang akan dilakukan belum tampak;
  4. Masalah terlalu luas (rumusan tidak focus);
  5. Latar belakang masalah tidak menggambarkan alasan pemilihan alternatif pemecahan masalah;
  6. Rumusan masalah tidak mencerminkan adanya tindakan dan gambaran perubahan tingkah laku

Kelemahan-kelemahan di atas menyebabkan analisis permasalahan menjadi tidak tajam.

Daftar Pustaka

Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siti Sriyati, dkk. (2007). Penerapan Pertanyaan Produktif dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa di SMA. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : DIKTI
Tim PTK. (2006). Pelatihan Metodologi PPKP dan PTK. Jakarta:Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) . Jakarta : Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Referensi Lain:

Cara Penulisan Karya Ilmiah
  1. Teknik Penulisan Karya Ilmiah;
  2. Landasan Teori;
  3. SKRIPSI: Metode Ceramah Pada Pembelajaran PAI;
  4. Skripsi: Tentang Peranan Keluarga dalam Menanam Nilai-Nilai Agama;
  5. Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) MP. Agama;
  6. CONTOH PROPOSAL PTK;
  7. Contoh Metode Penulisan Laporan Penelitian
  8. Cara Penulisan Proposal Penelitian;

Label: , , ,


Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]