17.12.12
SKRIPSI: Metode Ceramah Pada Pembelajaran PAI
JUDUL: METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I ATAS LANGIT KABUPATEN KOLOM LANGIT
Contoh Abstrak Skripsi
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Metode Ceramah pada Pembelajaran PAI di SMA
Negeri 1 Atas Awan Kabupaten Kolom Langit”. Adapun permasalahan yang ingin dibahas dalam penelitian ini
adalah pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran PAI, hambatan dan tingkat
efektifitas pelaksanaan metode tersebut di SMA Negeri 1 Atas Awan.
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui jawaban tentang permasalah yang telah dirumusakan. Manfaat atau
kegunaan penelitian ini adalah Sebagai informasi penting bagi kalangan akademisi mengenai pelaksanaan
metode ceramah pada pembelajaran agama Islam, sebagai sumbangan pemikiran untuk
meningkatkan tujuan pendidikan, dan sebagai dokumentasi bagi peneliti lain
dalam rangka mengadakan penelitian lebih lanjut.
Hipotesa yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah adanya hambatan dalam pelaksanaan
metode ceramah dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1
Atas Awan. Untuk mendapatkan
data penelitian maka digunakan metode pengumpulan data dengan cara penyebaran angket, dokumentasi,
wawancara dan observasi.
Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 943 siswa dengan
sampel 188 siswa yang berasal dari kelas I, II dan III dengan persentase 50%,
dan Guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru
pendidikan agama Islam yaitu 100%.
Berdasarkan pengolahan dan analisa data maka diketahui pelaksanaan metode ceramah pada
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Atas Awan tergolong baik, karena berdasarkan hasil
observasi peneliti diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah ini tidak
menoton, metode ini disampaikan dengan bahasa yang tidak menimbulkan ambigu,
intonasi suara yang menarik, gerak tubuh dan
mimik wajah yang pas, disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan
dan situasi kelas dan siswa yang tepat. Dan dalam pelaksanaan metode ceramah
ini tidak membosankan karena diselingi dengan humor dan metode-metode yang
lainnya. Faktor penghambat dalam melaksanakan metode ceramah ada dua yang Pertama, faktor dari guru yaitu keahlian
guru dan suasana hati guru, juga kondisi kesehatannya. Kedua, faktor dari siswa yaitu minat siswa, motivasi siswa, perhatian
siswa, kondisi fisik siswa kelelahan dan mengantuk. Dari hasil tabel distribusi
persentase nilai tes terhadap siswa maka dapat disimpulkan bahwa tingkat
efektifitas metode ceramah digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
ini dapat dikategorikan tinggi atau baik karena nilai yang tertinggi atau
jumlah yang terbanyak adalah pada kategori tinggi yaitu berjumlah 23 siswa atau
62, 16 %.
Adapun saran dalam penelitian ini
adalah hendaknya guru menggunakan bantuan alat peraga atau media, semoga siswa
tetap memotivasi diri agar berkonsentrasi mengikuti pelajaran walaupun dalam
kondisi apapun, dan lebih mengutamakan pendidikan di atas segalanya dan guru
juga tidak selalu mengajar di dalam kelas, sekali-kali siswa diajak belajar di
luar kelas atau tempat lainnya.
Label: Contoh Abstrak Skripsi
Berlangganan Postingan [Atom]
Posting Komentar