SKRIPSI: Metode Ceramah Pada Pembelajaran PAI

Posted by Sonin 0 komentar

JUDUL: METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I ATAS LANGIT KABUPATEN KOLOM LANGIT

Contoh Abstrak Skripsi
ABSTRAK


Skripsi ini berjudul “Metode Ceramah pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Atas Awan Kabupaten Kolom Langit”. Adapun permasalahan yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran PAI, hambatan dan tingkat efektifitas pelaksanaan metode tersebut di SMA Negeri 1 Atas Awan.
 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jawaban tentang permasalah yang telah dirumusakan. Manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah Sebagai informasi penting bagi kalangan akademisi mengenai pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran agama Islam, sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan tujuan pendidikan, dan sebagai dokumentasi bagi peneliti lain dalam rangka mengadakan penelitian lebih lanjut.
Hipotesa yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah adanya hambatan dalam pelaksanaan metode ceramah dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Atas Awan. Untuk mendapatkan data penelitian maka digunakan metode pengumpulan data dengan cara penyebaran angket, dokumentasi, wawancara dan observasi.
Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 943 siswa dengan sampel 188 siswa yang berasal dari kelas I, II dan III dengan persentase 50%, dan Guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru pendidikan agama Islam yaitu 100%.

Berdasarkan pengolahan dan analisa data maka diketahui pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Atas Awan tergolong baik, karena berdasarkan hasil observasi peneliti diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah ini tidak menoton, metode ini disampaikan dengan bahasa yang tidak menimbulkan ambigu, intonasi suara yang menarik, gerak tubuh dan  mimik wajah yang pas, disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan dan situasi kelas dan siswa yang tepat. Dan dalam pelaksanaan metode ceramah ini tidak membosankan karena diselingi dengan humor dan metode-metode yang lainnya. Faktor penghambat dalam melaksanakan metode ceramah ada dua yang Pertama, faktor dari guru yaitu keahlian guru dan suasana hati guru, juga kondisi kesehatannya. Kedua, faktor dari siswa yaitu minat siswa, motivasi siswa, perhatian siswa, kondisi fisik siswa kelelahan dan mengantuk. Dari hasil tabel distribusi persentase nilai tes terhadap siswa maka dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas metode ceramah digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ini dapat dikategorikan tinggi atau baik karena nilai yang tertinggi atau jumlah yang terbanyak adalah pada kategori tinggi yaitu berjumlah 23 siswa atau 62, 16 %.
Adapun saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan bantuan alat peraga atau media, semoga siswa tetap memotivasi diri agar berkonsentrasi mengikuti pelajaran walaupun dalam kondisi apapun, dan lebih mengutamakan pendidikan di atas segalanya dan guru juga tidak selalu mengajar di dalam kelas, sekali-kali siswa diajak belajar di luar kelas atau tempat lainnya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SKRIPSI: Metode Ceramah Pada Pembelajaran PAI
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2012/12/contoh-abstrak-skripsi-metode-ceramah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor