6.1.13
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
PEDOMAN TEKNIS PENULISAN
TUGAS AKHIR MAHASISWA
UNIVERSITAS INDONESIA
DEPOK
2008
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI………………………………………………………..………........ 1
1.
PENDAHULUAN………………………………………………………..…... 3
2.
FORMAT TUGAS AKHIR ………………………………..……….............. 4
2.1
BAGIAN AWAL………………………………..………...........……..……. 4
2.1.1
Halaman Sampul…………………………………………….................. 4
2.1.2
Halaman Judul…………………………………..……………................ 4
2.1.3
Halaman Pernyataan Orisinalitas
...................................................... 4
2.1.4
Halaman Pengesahan………………………………………................. 4
2.1.5
Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih…………………….…............. 5
2.1.6
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk
Kepentingan
Akademis………………………………………......................... 5
2.1.7
Abstrak/Abstract………………………………………….….................. 5
2.1.8
Daftar Isi………………………………………………...…..................... 5
2.1.9
Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain .. ...............................
5
2.2
BAGIAN ISI ............……………..…………………………….……..…… 6
2.3
BAGIAN AKHIR..........………….……………………………………..…. 6
2.3.1
Daftar Referensi ..…………………………………………….............. 6
2.3.2
Lampiran…………………………………………..………….............. 6
3.
PENULISAN ……………………...…...……………………………..….... 7
3.1
Kertas……………………………………………………………….......... 7
3.2
Pengetikan……………………………………………………………...... 7
3.3
Penomoran Halaman……………………………………………...…... 8
3.3.1
Angka Romawi Kecil…………………………………………........... 8
3.3.2
Angka Latin……...…………………………………..…………......... 8
3.4
Halaman Sampul……………………………………………………..... 8
3.5
Halaman Judul………………………………………………………..... 9
3.6
Halaman Pernyataan Orisinalitas
.................................................... 9
3.7
Halaman Pengesahan………………………………………………..... 9
3.8
Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih…...………………………...... 9
3.9
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk
Kepentingan
Akademis……………………………………………............ 9
3.10
Abstrak/Abstract………………………….…………...…….…......... 9
3.11
Daftar Isi…………………………...…………………………....…… 10
3.12
Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain.………………...… 10
3.13
Isi Tugas Akhir …………………………………………………....... 10
3.14
Tabel dan Gambar…………………...…….……………………..… 11
3.15
Persamaan Matematika………………….……………………….... 12
3.16
Angka……………………………………….……………………...... 12
3.17
Daftar Referensi ..........................................................................
12
3.18
Lampiran…………………………………………………………...... 13
4.
DAFTAR REFERENSI….………………………….………………..... 14
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
1. Contoh Halaman Sampul………………………………...... 15
Lampiran
2. Contoh Halaman Judul..………………………………….... 16
Lampiran
3. Contoh Halaman Pernyataan Orisinalitas ......................... 17
Lampiran
4. Contoh Halaman Pengesahan …………….………..…..... 18
Lampiran
5. Contoh Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih…….…… . 21
Lampiran
6. Contoh Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
untuk
Kepentingan Akademis ……………………………...............…… 22
Lampiran
7. Contoh Abstrak…………………...………………………... 23
Lampiran
8. Contoh Daftar Isi…….…………………………...………... 25
Lampiran
9. Contoh Daftar Gambar ………………………………...…. 26
Lampiran
10. Penulisan Kutipan…….……………………………….…. 27
Lampiran
11. Penulisan Daftar Referensi…..………………………..… 34
Lampiran
12. Prosedur Pengumpulan Tugas Akhir ............................ 42
1. PENDAHULUAN
Tugas
Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis
berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen
pembimbing, untuk memenuhi kriteria-kriteria kualitas yang telah ditetapkan sesuai
keilmuannya masing-masing. Tugas Akhir dibuat sebagai salah satu persyaratan
untuk menyelesaikan suatu program studi. Tugas Akhir yang dimaksud dalam
pedoman ini mencakupi, tetapi tidak terbatas pada, skripsi, tesis, disertasi,
dan rancangan yang dihasilkan oleh sivitas akademika Universitas Indonesia.
Karya
tersebut akan menjadi bagian dari koleksi Perpustakaan UI yang dinamakan koleksi
UI-ana, yaitu karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika UI, tulisan tentang
UI, dan tentang tokoh UI. Dalam upaya mendokumentasikan seluruh koleksi UI-ana,
baik dalam format tercetak maupun digital, diperlukan Pedoman Penulisan Tugas
Akhir yang dapat digunakan di semua fakultas dan Program Pascasarjana tanpa mengurangi
keunikan setiap fakultas/departemen.
Pedoman
ini disusun oleh Tim Penyusun Pedoman Penulisan Tugas Akhir dan Tim Digitalisasi
UI-ana yang dikoordinasikan oleh Perpustakaan UI, dan diterbitkan dengan tujuan
memberikan tuntunan kepada penulis tugas akhir. Tim Penyusun memberi kesempatan
kepada Program Studi/Departemen Fakultas untuk membuat petunjuk tambahan mengenai
hal-hal yang tidak diatur dalam pedoman ini.
Pedoman
ini disahkan penggunaannya melalui SK Rektor UI Nomor: 628/SK/R/UI/2008 tanggal
16 Juni 2008 dan wajib digunakan oleh sivitas akademika UI sebagai panduan
penulisan tugas akhir.
2. FORMAT TUGAS AKHIR
Pedoman
Penulisan Tugas Akhir ini dibagi dalam tiga bagian : (a) awal; (b) isi; dan (c)
akhir.
2.1 BAGIAN AWAL
Bagian Awal Tugas Akhir
terdiri atas:
a.
Halaman Sampul
b.
Halaman Judul
c.
Halaman Pernyataan Orisinalitas
d.
Halaman Pengesahan
e.
Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan)
f.
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis
g.
Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris)
h.
Daftar Isi
i.
Daftar Tabel (jika diperlukan)
j.
Daftar Gambar (jika diperlukan)
k.
Daftar Rumus (jika diperlukan)
l.
Daftar Notasi (jika diperlukan)
m.
Daftar Lain (jika diperlukan)
n.
Daftar Lampiran (jika diperlukan)
2.1.1 Halaman Sampul
Sebagai
halaman terdepan yang pertama terbaca dari suatu karya ilmiah, Halaman Sampul
harus dapat memberikan informasi singkat, jelas dan tidak bermakna ganda (ambigu)
kepada pembaca tentang karya ilmiah tersebut yang berupa judul, jenis karya
ilmiah (skripsi/tesis/disertasi), identitas penulis, institusi, dan tahun pengesahan.
Ketentuan mengenai penulisan Halaman Sampul dapat dilihat pada butir 3.4.
Contoh Halaman Sampul dapat dilihat pada Lampiran 1.
2.1.2 Halaman Judul
Secara
umum informasi yang diberikan pada Halaman Judul sama dengan Halaman Sampul,
tetapi pada Halaman Judul, dicantumkan informasi tambahan, yaitu untuk tujuan
dan dalam rangka apa karya ilmiah itu dibuat. Ketentuan mengenai penulisan Halaman
Judul dapat dilihat pada butir 3.5. Contoh Halaman Judul dapat dilihat pada
Lampiran 2.
2.1.3 Halaman Pernyataan
Orisinalitas
Halaman
ini berisi pernyataan tertulis dari penulis bahwa tugas akhir yang disusun adalah
hasil karyanya sendiri dan ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.
Ketentuan
mengenai penulisan Halaman Pernyataan Orisinalitas dapat dilihat pada butir
3.6. Contoh Halaman Pernyataan Orisinalitas dapat dilihat pada Lampiran 3.
2.1.4 Halaman Pengesahan
Halaman
Pengesahan berfungsi untuk menjamin keabsahan karya ilmiah atau pernyataan
tentang penerimaannya, khususnya skrispi, tesis, dan disertasi, oleh institusi
penulis. Di fakultas tertentu, seperti FKG, pada ”Halaman Pengesahan” perlu
ditambahkan pernyataan ”lolos uji etik penelitian” bila subjek penelitian
makhluk
hidup atau benda mati yang harus dijaga hak asasinya atau dihormati. Penulisan
pernyataan tersebut mengikuti ketentuan yang berlaku selama ini di FKG.
Ketentuan
mengenai penulisan Halaman Pengesahan dapat dilihat pada butir 3.7.
Contoh
Halaman Pengesahan dapat dilihat pada Lampiran 4.
Catatan
: penggunaan istilah ”dewan penguji” (pembimbing dan penguji) dan susunan
atau
jumlah anggota ”dewan penguji” bergantung pada kebijakan setiap fakultas atau
Program Pascasarjana.
2.1.5 Kata
Pengantar/Ucapan Terima Kasih
Halaman
Kata Pengantar memuat pengantar singkat atas karya ilmiah. Halaman Ucapan
Terima Kasih memuat ucapan terima kasih atau penghargaan kepada berbagai pihak
yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir. Sebaiknya, ucapan terima kasih
atau penghargaan tersebut juga mencantumkan bantuan yang mereka berikan, misalnya
bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber informasi, serta bantuan dalam
menyelesaikan tugas akhir. Ketentuan mengenai penulisan Kata Pengantar/Ucapan
Terima Kasih dapat dilihat pada butir 3.8. Contoh Ucapan Terima Kasih dapat
dilihat pada Lampiran 5.
2.1.6 Halaman Pernyataan
Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis
Halaman
ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun tugas akhir yang memberikan
kewenangan kepada Universitas Indonesia untuk menyimpan, mengalihmedia/ format-kan,
merawat, dan memublikasikan tugas akhirnya untuk kepentingan akademis. Artinya,
Unversitas Indonesia berwenang untuk memublikasikan suatu tugas akhir hanya
untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan hak cipta tetap pada
penulis. Contoh Lembar Pernyataan dapat dilihat pada Lampiran
2.1.7 Abstrak/Abstract
Abstrak
merupakan ikhtisar suatu tugas akhir yang memuat permasalahan, tujuan, metode
penelitian, hasil, dan kesimpulan. Abstrak dibuat untuk memudahkan pembaca
mengerti secara cepat isi tugas akhir untuk memutuskan apakah perlu membaca
lebih lanjut atau tidak. Ketentuan yang menyangkut penulisan abstrak dapat dilihat
pada butir 3.10. Contoh Abstrak dapat dilihat pada Lampiran 7.
2.1.8 Daftar Isi
Daftar
Isi memuat semua bagian tulisan beserta nomor halaman masing-masing, yang ditulis
sama dengan isi yang bersangkutan. Biasanya, agar daftar isi ringkas dan jelas,
subbab derajat ke dua dan ke tiga boleh tidak ditulis. Ketentuan yang
menyangkut penulisan Daftar Isi dapat dilihat pada butir 3.11. Contoh Daftar
Isi dapat dilihat pada Lampiran 8.
2.1.9 Daftar Tabel,
Daftar Gambar, dan Daftar Lain
Daftar
tabel, gambar, dan daftar lain digunakan untuk memuat nama tabel, gambar, dan
sebagainya yang ada dalam tugas akhir. Penulisan nama tabel, gambar, dan sebagainya
menggunakan huruf kapital di awal kata (title case). Ketentuan yang menyangkut
penulisan dapat dilihat pada butir 3.14.
2.2 BAGIAN ISI
Isi
tugas akhir disampaikan dalam sejumlah bab. Pembagian bab dari pendahuluan sampai
kesimpulan ditentukan oleh fakultas sesuai kebutuhan, atau dengan peraturan yang
terdapat pada butir 3.13.
2.3 BAGIAN AKHIR
Bagian
ini terdiri dari:
a.
Daftar Referensi
b.
Lampiran (jika ada)
2.3.1 Daftar Referensi
Daftar
Referensi merupakan daftar bacaan yang menjadi sumber, atau referensi atau acuan
dan dasar penulisan tugas akhir. Daftar referensi ini dapat berisi buku,
artikel jurnal,
majalah, atau surat kabar, wawancara, dan sebagainya. Dianjurkan agar 70% daftar
referensi yang digunakan merupakan terbitan terbaru (minimal terbitan 2 tahun terakhir)
dari jurnal ilmiah internasional.
2.3.2 Lampiran
Lampiran
merupakan data atau pelengkap atau hasil olahan yang menunjang penulisan
tugas akhir, tetapi tidak dicantumkan di dalam isi tugas akhir, karena akan mengganggu
kesinambungan pembacaan. Lampiran yang perlu disertakan dikelompokkan
menurut jenisnya, antara lain jadwal, tabel, daftar pertanyaan, gambar,
grafik, desain. Pengelompokan lampiran disesuaikan dengan kebijakan fakultas.
3. PENULISAN
Penampilan
merupakan faktor penting untuk mewujudkan tugas akhir yang rapi dan
seragam.
3.1
Kertas;
Spesifikasi
kertas yang digunakan:
-
Jenis : HVS
-
Warna : Putih polos
-
Berat : 80 gram
-
Ukuran : A4 (21,5 cm x 29,7 cm)
3.2
Pengetikan
Ketentuan
pengetikan adalah sebagai berikut:
a)
Pencetakan dilakukan pada satu sisi kertas (single side)
b)
Posisi penempatan teks pada tepi kertas:
-
Batas kiri : 4 cm (termasuk 1 cm untuk penjilidan) dari tepi kertas
-
Batas kanan : 3 cm dari tepi kertas
-
Batas atas : 3 cm dari tepi kertas
-
Batas bawah : 3 cm dari tepi kertas
c)
Setiap halaman pada naskah Tugas Akhir, mulai Abstrak sampai Daftar Referensi
harus
diberi “auto text” pada footer dengan tulisan Universitas Indonesia (Arial
10
poin cetak tebal), ditulis pada posisi rata kanan (align right).
Gambar
: Posisi Penempatan Teks pada Tepi Kertas
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………
Universitas
Indonesia
d)
Huruf menggunakan jenis huruf Times New Roman 12 poin (ukuran sebenarnya) dan
diketik rapi (rata kiri kanan – justify).
e)
Pengetikan dilakukan dengan spasi 1,5 (Line spacing = 1.5 lines).
f)
Huruf yang tercetak dari printer harus berwarna hitam pekat dan seragam.
3.3
Penomoran Halaman
Penomoran
halaman tidak diberi imbuhan apa pun. Jenis nomor halaman ada dua macam, yaitu
angka romawi kecil dan angka latin.
3.3.1
Angka Romawi Kecil
a.
Digunakan untuk bagian awal Tugas Akhir (lihat butir 2.1), kecuali Halaman Sampul
b.
Letak: tengah 2,5 cm dari tepi bawah kertas.
c.
Khusus untuk Halaman Judul, penomorannya tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
3.3.2
Angka Latin
a.
Digunakan untuk bagian isi Tugas Akhir dan bagian akhir Tugas Akhir.
b.
Letak: sudut kanan atas; 1,5 cm dari tepi atas kertas dan 3 cm dari tepi kanan kertas.
c.
Khusus untuk halaman pertama setiap bab, penomorannya diletakkan di tengah,
2,5
cm dari tepi bawah kertas.
3.4
Halaman Sampul
Halaman
Sampul Tugas Akhir, secara umum, mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a.
Halaman Sampul Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain) terbuat
dari karton tebal dilapisi kertas linen cokelat (untuk Tugas Akhir program
Magister dan Doktor), putih (untuk program Sarjana).
b.
Semua huruf dicetak dengan tinta kuning emas dengan spasi tunggal (line spacing
= single) dan ukuran sesuai dengan contoh di Lampiran 1.
Ketentuan
Halaman Sampul
a.
Diketik simetris di tengah (center). Judul tidak diperkenankan menggunakan singkatan,
kecuali nama atau istilah (contoh: PT, UD, CV) dan tidak disusun dalam kalimat
tanya serta tidak perlu ditutup dengan tanda baca apa pun.
Logo
UI : Logo Universitas Indonesia dengan diameter 2,5 cm dan dicetak dengan warna
emas
Universitas
Indonesia
Judul
Jenis
atau jenjang Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi)
Nama
NPM
Fakultas
Program
Studi
Tempat
Bulan
& Tahun disahkannya Tugas Akhir dan dituliskan dalam angka dengan
format
4 digit (contoh: Januari 2006)
b.
Informasi yang dicantumkan pada punggung halaman sampul adalah: jenis tugas akhir,
dan judul tugas akhir. Informasi yang dicantumkan seluruhnya menggunakan huruf
besar, dengan jenis huruf Times New Roman 12 poin, dan ditulis di tengah
punggung halaman sampul (center alignment).
c.
Halaman sampul muka tidak boleh diberi siku besi pada ujung-ujungnya.
3.5
Halaman Judul
Halaman
Judul Tugas Akhir, secara umum, adalah sebagai berikut :
a.
Format Halaman Judul sama dengan Halaman Sampul, hanya ada penambahan keterangan
tujuan disusunnya Tugas Akhir.
b.
Semua huruf ditulis dengan spasi tunggal (line spacing = single) dan ukuran sesuai
dengan contoh pada Lampiran 2.
3.6
Halaman Pernyataan Orisinalitas Halaman Pernyataan Orisinalitas ditulis dengan
spasi ganda (line spacing = double), tipe Times New Roman 12 poin dengan posisi
di tengah-tengah halaman (center alignment) sesuai dengan contoh pada Lampiran
3.
3.7
Halaman Pengesahan
Halaman
Pengesahan Tugas Akhir ditulis dengan dengan spasi tunggal (line spacing=
single), tipe Times New Roman 12 poin sesuai dengan contoh pada Lampiran 4.
3.8
Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
Halaman
Kata Pengantar atau Ucapan Terima Kasih Tugas Akhir, secara umum, adalah
sebagai berikut:
a.
Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, spasi 1,5 (line spacing
= 1.5 lines) dan ukuran sesuai dengan contoh pada Lampiran 5.
b.
Judul Kata Pengantar atau Ucapan Terima Kasih ditulis dengan tipe Times New Roman
12 poin, dicetak tebal dan huruf besar.
c.
Urutan pihak-pihak yang diberi ucapan terima kasih dimulai dari pihak luar,
lalu keluarga atau teman.
d.
Jarak antara judul dan isi Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih adalah 2 x 2
spasi.
3.9
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk
Kepentingan
Akademis Halaman Pernyataan, secara umum, adalah sebagai berikut:
a.
Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dengan spasi 1,5 (line spacing
= 1.5 lines) dan ukuran sesuai dengan contoh pada Lampiran 6.
b.
Khusus untuk judul Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan
Akademis ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf
besar (kapital) dengan spasi tunggal (line spacing = single)
3.10
Abstrak/Abstract
Ketentuan
penulisan Abstrak adalah sebagai berikut:
a.
Abstrak adalah ringkasan atau inti atau ikhtisar dari Tugas Akhir.
b.
Minimum 75 kata dan maksimum 100 kata dalam satu paragraf, diketik dengan tipe
Times New Roman 12 poin, spasi tunggal (line spacing = single).
c.
Abstrak disusun dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Setiap
versi bahasa mengikuti ketentuan butir b.
d.
Jika memungkinkan, pengetikan untuk abstrak bahasa Indonesia dan Inggris diletakkan
dalam satu halaman.
e.
Nama Mahasiswa (tanpa NPM) dan Program Studi ditulis di atas abstrak dengan tambahan
informasi berupa Judul Tugas Akhir
f.
Di bagian bawah Abstrak dituliskan Kata Kunci. Untuk Abstrak dalam Bahasa Indonesia,
Kata Kunci diberikan dalam Bahasa Indonesia. Untuk Abstrak dalam Bahasa
Inggris, Kata Kunci diberikan dalam Bahasa Inggris (dicari padanan katanya).
g.
Semua istilah asing, kecuali nama, dicetak miring (italic). Contoh Abstrak
dapat dilihat pada Lampiran 7.
h.
Isi abstrak ditentukan oleh keilmuan masing-masing.
3.11
Daftar Isi
Halaman
Daftar Isi Tugas Akhir secara umum adalah sebagai berikut:
a.
Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dengan spasi tunggal (line
spacing = single).
b.
Khusus untuk judul tiap bab ditulis dengan Times New Roman 12 poin, dicetak
tebal
dan huruf besar (kapital). Contoh Daftar Isi dapat dilihat pada Lampiran 8.
c.
Jarak antara judul dengan isi Daftar Isi adalah 3 spasi.
3.12
Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain Ketentuan penulisan Daftar Gambar
Tugas Akhir secara umum adalah sebagai berikut:
a.
Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dalam spasi tunggal (line
spacing = single) sesuai dengan contoh pada Lampiran 9.
b.
Khusus untuk judul Daftar Gambar ditulis dengan tipe Times New Roman 12
poin,dicetak tebal dan huruf besar (kapital).
3.13
Isi Tugas Akhir
Bagian
tubuh/pokok memuat uraian/penjabaran/analisis yang dilakukan oleh penulis. Penjabaran
mencakup tinjauan pustaka, metode penelitian, dan hasil serta pembahasannya.
Penggunaan istilah atau judul tiap bab dan subbab, serta penambahan subbab
disesuaikan dengan kebijakan fakultas masing-masing. Misalnya, ”Tinjauan
Pustaka” atau ”Tinjauan Literatur”, ”Pembahasan” atau ”Analisis”.
Demikian
juga dengan Sistematika yang umumnya dipakai dalam penulisan Tugas Akhir adalah
sebagai berikut:
1.
PENDAHULUAN
1.1
Subbab Derajat Kesatu
1.1.1
Subbab Derajat kedua Butir yang Pertama
1.1.2
Subbab Derajat kedua Butir yang Kedua
1.1.2.1
Subbab Derajat ketiga Butir yang Pertama
Tingkatan
subbab maksimal 3
Ketentuan
penulisan untuk setiap bab
a.
Setiap bab dimulai pada halaman baru.
b.
Judul bab seluruhnya diketik dengan huruf kapital, simetris di tengah (center),
cetak tebal (bold), tanpa garis bawah, tidak diakhiri tanda titik, dan satu
spasi simetris tengah (center), jika lebih dari satu baris.
c.
Judul bab selalu diawali penulisan kata ‘BAB’ lalu langka Arab yang menunjukkan
angka dari bab yang bersangkutan dan ditulis dengan huruf kapital, tipe Times
New Roman, 12 poin, dan cetak tebal (bold).
Contoh
penulisan bab :
BAB 2
TEORI PENUNJANG
d.
Perpindahan antarbab tidak perlu diberi sisipan halaman khusus. Suatu yang
bukan merupakan subordinat dari judul tulisan harus ditulis dengan sandi berikut.
•
Bullet atau huruf: jika tidak akan dirujuk di bagian lain dari tugas akhir,
bentuknya bebas, asalkan berupa bentuk dasar (bulat, kotak, tanda minus), dan
konsisten dalam keseluruhan tugas akhir.
•
Huruf: jika akan dirujuk di bagian lain dari tugas akhir, harus digunakan huruf
untuk menghindari kerancuan dengan penggunaan angka untuk bab dan subbab. Bentuknya
bebas, asalkan konsisten dalam keseluruhan tugas akhir. Contoh: a. atau a) atau
(a). Ini merupakan derajat terakhir, dalam arti tidak boleh memiliki subperincian
di dalamnya. Contoh penggunaan subperincian yang dilarang, sebagai berikut.
Jenis
sistem operasi komputer antara lain:
•
DOS
•
Windows
Windows 3.xx
Windows 95/98
Windows NT
•
UNIX
Linux
3.14
Tabel dan Gambar
Yang
tergolong gambar adalah gambar, grafik, dan diagram. Ketentuan pembuatan tabel
dan gambar adalah sebagai berikut.
a.
Gambar, grafik, dan diagram diberi nama.
b.
Penulisan nama tabel, gambar, dan lainnya menggunakan huruf besar di awal kata (title
case).
c.
Tabel dan gambar ditempatkan di antara bagian teks yang paling banyak membahasnya.
Tabel dan gambar harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat berdiri sendiri,
agar dapat dimengerti oleh pembaca tanpa membaca keterangan dalam teks.
d.
Jika tabel ditulis dalam posisi landskap, sisi atas tabel adalah sisi yang
dijilid.
e.
Tabel dan gambar selalu simetris di tengah (center) terhadap halaman.
f.
Nomor tabel dan gambar harus menyertakan nomor bab tabel dan gambar tersebut berada.
Misalnya tabel 1.1. berarti tabel pertama yang ada di bab 1. Jika dalam suatu
tugas akhir hanya terdapat 1 (satu) buah tabel atau gambar, maka tidak perlu diberi
nomor.
g.
Daftar notasi dan daftar singkatan ditulis dengan huruf aslinya (tidak dibuat kapital
ataupun lowercase) dan disusun berdasarkan abjad. Penulisannya diurutkan dari
huruf kecil, huruf besar, dan simbol (contoh : a, B, ?)
h.
Penulisan judul tabel dan gambar.
Tabel: judul ditulis di atas tabel,
rata kiri atau simetris di tengah (center) berjarak 1,5 spasi terhadap tabel
yang bersangkutan. Judul tabel ditulis langsung mengikuti nomor tabelnya.
Gambar: judul ditulis di bawah gambar
berjarak 1,5 spasi, simetris (center) terhadap gambar yang bersangkutan. Judul
gambar ditulis langsung mengikuti nomor gambarnya.
i.
Penulisan sumber gambar dan tabel.
Tabel: sumber tabel (jika bukan
olahan sendiri) ditulis di bagian bawah tabel berjarak 1,5 spasi dari tabel,
huruf tegak tipe Times New Roman 10 poin.. Sumber yang sudah diolah lebih
lanjut perlu diberi catatan ”telah diolah kembali”.
Gambar: sumber gambar (jika bukan
olahan sendiri) harus ditulis di bagian bawah judul gambar berjarak 1,5 spasi
dari judul gambar, huruf tegak tipe Times New Roman 10 poin.. Sumber yang sudah
diolah lebih lanjut perlu diberi catatan ”telah diolah kembali”.
j.
Peletakan tabel atau gambar, berjarak tiga spasi setelah teks. Penulisan teks setelah
tabel atau gambar dilanjutkan dengan jarak 1,5 spasi dari baris terakhir judul
gambar.
k.
Apabila judul gambar atau tabel melebihi satu baris, penulisannya simetris di tengah
(center) dan diketik dengan satu spasi.
l.
Jika tabel dan gambar terlalu panjang, dapat diputus dan dilanjutkan dengan mengetikkan
nomornya dan keterangan “sambungan” dalam tanda kurung.
m.
Jika tabel dan gambar terlalu lebar, terdapat beberapa ketentuan sebagai
berikut: ditempatkan secara memanjang di halaman tersendiri;
ditempatkan pada kertas lebar
kemudian dilipat agar tidak melebihi format kertas;
diperkecil ukurannya sesuai format
tugas akhir, tetapi ukuran huruf yang tercantum di dalamnya tidak boleh lebih
kecil dari 10 poin (ukuran sebenarnya).
3.15
Persamaan Matematika
Persamaan
matematika lebih baik ditulis dalam bentuk yang lazim dalam matematika walaupun
dalam satu baris. Semua persamaan matematika ditulis dengan tabulasi 1,5 cm
dari kiri dan harus mempunyai nomor yang diletakkan di sebelahnya dan rata kanan
terhadap batas kanan pengetikan.
Contoh:
M
Q 209 43 , 530 + = (5.1)
Keterangan:
5 artinya persamaan itu ditulis pada bab 5, sedangkan 1 artinya persamaan itu
adalah persamaan matematika pertama yang ditulis pada bab tersebut.
3.16
Angka
Penulisan
angka mengikuti peraturan yang berlaku pada Pedoman Ejaan yang Disempurnakan
edisi terbaru.
3.17
Daftar Referensi
Jenis
media yang makin berkembang memungkinkan penulis untuk mencari sumber informasi
dari berbagai jenis media. Perkembangan itu diikuti oleh perkembangan berbagai
format penulisan kutipan dan daftar referensi. Setiap fakultas/departemen berhak
menentukan sendiri format penulisan kutipan yang akan digunakan.
Lampiran
11 hanya memberikan contoh penulisan kutipan berdasarkan format APA dan MLA.
Format lain penulisan daftar referensi diserahkan kepada fakultas.
3.18
Lampiran
Ketentuan
pembuatan lampiran adalah sebagai berikut.
a.
Nomor dan judul lampiran ditulis di sudut kanan atas halaman (right-aligned) dengan
huruf tegak tipe Times New Roman 12 poin.
b.
Judul lampiran ditik dalam satu baris menggunakan huruf kapital di awal kata (title
case).
c.
Lampiran yang lebih dari satu halaman, pada halaman berikutnya diberi keterangan
“lanjutan” dalam tanda kurung pada sudut kanan atas halaman (rightaligned).
d.
Isi dan urutan pengelompokan lampiran disesuaikan dengan kebijakan fakultas.
DAFTAR REFERENSI
Bekerian,
D.A. (1973). In search of the typical
eyewitness. American Psychologist, 48, 574-576.
Bjork,
R.A. (1989). Retrieval inhibition as an
adaptive mechanism in human memory.In H.L.Roediger III & F.I.M. Craik
(Eds.), Varieties of memory & consciousness (pp.309-330). Hillsdale, NJ:
Erlbaum.
Cone,
J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations
and theses from start to finish:Psychology and related fields. Washington,
DC: American Psychological Association.
National
Institute of Mental Health. (1990). Clinical training in serious mental illness
(DHHS Publication No. ADM 90-1679). Washington, DC: U.S. Government Printing Office.
New
drug appears to sharply cut risk of death from heart failure. (1993, July 15).
The Washington Post, p.A12.
Rheingold,
H. (1993). The virtual community. August 17, 1996.
http://www.wellcom/user/vcbook/
Strunk,
W. (1995,May). The elements of style (online). January 5, 1999. Bartleby Library.
http://www.columbia.edu/acis/bartleby/strunk/
Universitas
Indonesia (2004). Pengantar penulisan imiah. (Akan ditambahkan Pedoman
Penulisan skripsi yang digunakan oleh Fakultas dilingkungan UI)
Lampiran
1: Contoh Halaman Sampul
UNIVERSITAS
INDONESIA
JUDUL
(ukuran:
14 Times New Roman)
SKRIPSI/TESIS/DISERTASI
(ukuran:
14 Times New Roman)
NAMA
NPM
FAKULTAS
.................................................................
PROGRAM
...........................................................................
TEMPAT
BULAN
& TAHUN
16
Lampiran
2: Contoh Halaman Judul
UNIVERSITAS
INDONESIA
JUDUL
(ukuran:
14 Times New Roman)
SKRIPSI/TESIS/DISERTASI
(ukuran:
14 Times New Roman)
Diajukan
sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar…
NAMA
NPM
FAKULTAS....................................................................
PROGRAM
STUDI .............................................................
KEKHUSUSAN
…………………………………
TEMPAT
BULAN
& TAHUN
17
HALAMAN
PERNYATAAN ORISINALITAS
Skripsi/Tesis/Disertasi
ini adalah hasil karya saya sendiri,
dan
semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk
telah
saya nyatakan dengan benar.
Nama
: ...............................
NPM
: ...............................
Tanda
Tangan : ...............................
Tanggal
: .............................
Lampiran
3 : Contoh Halaman Pernyataan Orisinalitas
18
Lampiran
4: Contoh Halaman Pengesahan (S1)
HALAMAN
PENGESAHAN
Skripsi
ini diajukan oleh :
Nama
:
NPM
:
Program
Studi :
Judul
Skripsi :
Telah
berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai
bagian
persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Sarjana
........................
pada Program Studi ...........................................................................,
Fakultas.........................,
Universitas Indonesia
DEWAN
PENGUJI
Pembimbing
: ................................ ( .........tanda tangan...........)
Pembimbing
: ................................ (.......... tanda tangan .........)
Penguji
: ................................ ( .......... tanda tangan ........)
Penguji
: ............................... ( .......... tanda tangan ........)
Ditetapkan
di : ..........................
Tanggal
: ..........................
19
HALAMAN
PENGESAHAN
Tesis
ini diajukan oleh :
Nama
:
NPM
:
Program
Studi :
Judul
Tesis :
Telah
berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai
bagian
persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Magister
.............................
pada Program Studi ...........................................................,
Fakultas
................................, Universitas Indonesia.
DEWAN
PENGUJI
Pembimbing
: ................................ ( .........tanda tangan...........)
Pembimbing
: ................................ (.......... tanda tangan .........)
Penguji
: ................................ ( .......... tanda tangan ........)
Penguji
: ............................... ( .......... tanda tangan ........)
Ditetapkan
di : ..........................
Tanggal
: ..........................
Contoh
Halaman Pengesahan (S2)
20
HALAMAN
PENGESAHAN
Disertasi
ini diajukan oleh :
Nama
:
NPM
:
Program
Studi :
Judul
Disertasi :
Telah
berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai
bagian
persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Doktor pada
Program
Studi
........................................................................................,
Fakultas
........................................,
Universitas Indonesia.
DEWAN
PENGUJI
Promotor
: ............................... ( ……..tanda tangan……….)
Kopromotor
: ............................... (……...tanda tangan……….)
:
............................... (………tanda tangan………)
Tim
Penguji : ............................... (Ketua) (….tanda tangan ……)
:
............................... (Anggota) (.....tanda tangan ........)
:
............................... (Anggota) (......tanda tangan.......)
:
............................... (Anggota) (.......tanda tangan ......)
Ditetapkan
di : ..........................
Tanggal
: ..........................
Contoh
Halaman Pengesahan (S3)
21
Lampiran
5: Contoh Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
KATA
PENGANTAR/UCAPAN TERIMA KASIH
Puji
syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya,
saya dapat menyelesaikan skripsi ini. Penulisan skripsi ini dilakukan dalam
rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan
Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Saya menyadari bahwa,
tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, dari masa perkuliahan sampai
pada penyusunan skripsi ini, sangatlah sulit bagi saya untuk menyelesaikan skripsi
ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada:
(1)
Drs. A, selaku dosen pembimbing yang telah menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran
untuk mengarahkan saya dalam penyusunan skripsi ini;
(2)
pihak X Company yang telah banyak membantu dalam usaha memperoleh data yang
saya perlukan;
(3)
orang tua dan keluarga saya yang telah memberikan bantuan dukungan material dan
moral; dan
(4)
sahabat yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan skripsi ini. Akhir
kata, saya berharap Tuhan Yang Maha Esa berkenan membalas segala kebaikan semua
pihak yang telah membantu. Semoga skripsi ini membawa manfaat bagi pengembangan
ilmu.
Depok,
20 Desember 2006
Penulis
22
Lampiran
6: Contoh Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk
Kepentingan Akademis
HALAMAN PERNYATAAN
PERSETUJUAN PUBLIKASI
TUGAS
AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS
Sebagai
sivitas akademik Universitas Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
:
…………………………....................................................................
NPM
: ……………………………................................................................
Program
Studi :
.............................................................................................................
Departemen
:
............................................................................................................
Fakultas
:
..............................................................................................................
Jenis
karya : Skripsi/Tesis/Disertasi
demi
pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas
Indonesia Hak Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive Royalty-Free Right)
atas karya ilmiah saya yang berjudul :
………………………......................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
beserta
perangkat yang ada (jika diperlukan). Dengan Hak Bebas Royalti Noneksklusif ini
Universitas Indonesia berhak menyimpan, mengalihmedia/formatkan, mengelola
dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan memublikasikan tugas akhir
saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta dan sebagai
pemilik Hak Cipta.
Demikian
pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.
Dibuat
di : …………………….
Pada
tanggal : …………………….
Yang
menyatakan
(
…………………………………. )
Lampiran
7: Contoh Abstrak
ABSTRAK
Nama
:
Program
Studi :
Judul
:
Tesis
ini membahas kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI angkatan 2003 dalam
mencari dan menggunakan informasi secara efektif dalam konteks active learning
dan self regulated learning selama mereka mengikuti Program Pendidikan Dasar
Pendidikan Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu dilibatkan dalam pengembangan
kurikulum; materi pendidikan pemakai perpustakaan harus dikembangkan sesuai
dengan komponen-komponen yang ada dalam information literacy; perpustakaan juga
harus menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan literacy
mahasiswa.
Kata
kunci:
Informasi,
information literacy, information skills
24
ABSTRACT
Name
:
Study
Program:
Title
:
The
focus of this study is the freshman student of Faculty of Psychology at
University of Indonesia experience of acquiring, evaluating and using
information, when they enroll in “Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT)” 2003.
The purpose of this study is to understand how freshman students acquire,
evaluate and use information.
Knowing
this will allow library to identify changes should be made to improve user education
program at University of Indonesia. This research is qualitative descriptive interpretive.
The data were collected by means of deep interview. The researcher suggests
that library should improve the user education program and provide facilities which
can help students to be information literate.
Key
words:
Information
literacy, information skills, information
Lampiran
8: Contoh Daftar Isi
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ..........................................................................................
i
LEMBAR
PENGESAHAN
...............................................................................
ii
KATA
PENGANTAR……………………………………………………….... iii
LEMBAR
PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH ……………...... iv
ABSTRAK
.………………………………………………………………….... v
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………………. vi
DAFTAR
GAMBAR …………………………………………………………… .. vii
DAFTAR
LAMPIRAN
........................................................................................
ix
1.
PENDAHULUAN ………………………………………….. …................... 1
1.1
Latar Belakang ……………………………………………................. 1
1.1.1
Metode Belajar dan Tujuan Pendidikan Tinggi……….............. 1
1.1.2
Program Dasar Pendidikan Tinggi UI ………………….............. 5
1.2
Perumusan Masalah …………………………………………………. 14
1.3
Tujuan Penelitian ……………………………………………………. 15
1.4
Manfaat Penelitian …………………………………………………… 16
1.5
Batasan Penelitian …………………………………………………… 16
1.6
Model Operasioanl Penelitian ……………………………………….. 17
2.
TINJAUAN PUSTAKA ……………………………………………….. 18
2.1
Konteks Penelitian ………………………………………………… 18
2.2
Konsep Information Literacy ……………………………………. 22
2.3
Information Literacy dalam konteks active learning..……………. 27
2.3.1
Collaborative Learning (CL)……………. …………………… 27
2.3.2
Problem Based Learning (PBL)………………………………… 28
2.3.3
Computer Mediated Learning (CML) ………………………. 30
2.4.
Kompetensi dalam Information Literacy …………………………. 31
2.4.1
Information skills di Pendidikan Tinggi …………………….. 32
2.4.2
Standar Kompetensi Information Literacy…………………… 37
2.4.2.1
Kemampuan Mengidentifikasi Informasi……………. 41
2.4.2.2
Kemampuan Mengakses Informasi…………………. 42
3.
METODE PENELITIAN …………………………………................. 58
4.
PEMBAHASAN.......................................................................................
70
5.
KESIMPULAN DAN SARAN
............................................................... 98
DAFTAR
REFERENSI
..............................................................................
105
Lampiran
9. Contoh Daftar Gambar
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1.1. Model Operasional Penelitian untuk Memahami Information
Literacy
Mahasiswa Fakultas Psikologi UI Peserta PDPT 2003…….15
Gambar
2.1. Pendekatan Belajar-Mengajar Student Centered ……………………25
Gambar
3.1. Pendekatan PMK ……………………………………………………28
Gambar
4.1. Information Skills Model ………………………………………….. 33
27
Lampiran
10 : Penulisan Kutipan
Salah
satu bagian penting dalam sebuah proses penelitian adalah studi literatur (membaca
dari berbagai sumber) sesuai dengan topik yang diteliti untuk menghasilkan
ide/analisis baru yang dipresentasikan dalam sebuah hasil penelitian.
Ide
atau hasil penelitian orang lain itu harus dituliskan sebagai kutipan.
Informasi lengkap tentang sumber kutipan dituliskan dalam sebuah daftar yang
disebut Daftar Referensi atau Daftar Pustaka. Format penulisan kutipan harus
sama dengan format yang dipakai pada penulisan daftar referensi. Sebagai
contoh, jika penulisan kutipan
menggunakan
format American Psychological Association (APA), penulisan daftar referensi
juga harus menggunakan format APA.
JENIS KUTIPAN
1.
Kutipan tidak langsung Kutipan tidak langsung adalah ide/konsep orang lain yang
dikutip dengan menggunakan kata-kata penulis/peneliti sendiri.
2.
Kutipan langsung
Kutipan
langsung adalah ide/konsep orang lain yang disalin sesuai dengan aslinya.
I.
Penulisan Kutipan dengan Format American Psychological Association (APA)
1.
Penulisan Kutipan Tidak Langsung
Pada
format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan
nama pengarang dan tahun penerbitan, tanpa menuliskan halaman karya yang
dikutip.
Nama
penulis disebutkan dalam kalimat
Jones
(1998) compared student performance ...
In
1998, Jones compared student performance ...
Nama
penulis tidak disebutkan dalam kalimat
In
a recent study of student performance (Jones, 1998), ...2. Penulisan Kutipan
Langsung
Kutipan
langsung pada format APA ditulis dengan menyebutkan nama pengarang, tahun
terbit, dan halaman kalimat/teks yang dikutip. Kutipan langsung dibedakan atas dua
jenis, yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang. Kutipan
langsung pendek
Kutipan
langsung pendek adalah kalimat yang dikutip kurang atau sama dengan 40 kata.
Kutipan langsung pendek dituliskan dalam teks dengan memberi tanda petik di awal
dan di akhir kutipan.
Nama
penulis tidak disebutkan dalam kalimat
She
stated, "Students often had difficulty using APA style," (Jones,
1998, p. 199), but she did not offer an explanation as to why.
Nama
penulis disebutkan dalam kalimat
According
to Jones (1998), "Students often had dificulty using APA style, especially
when it was their first time" (p. 199).
Jones
(1998) found "students often had difficulty using APA style" (p.
199); what implications does this have for teachers?
Kutipan
langsung panjang
Kutipan
langsung panjang adalah kalimat yang dikutip lebih dari 40 kata. Kutipan langsung
panjang ditulis dalam paragraf tersendiri, dengan jarak 5 ketuk/spasi dari margin
kiri, dan tetap dalam jarak 1,5 spasi (seperti teks).
Nama
penulis tidak disebutkan dalam kalimat
She
stated: Students often had difficulty using APA style,especially when it was
their first time citing sources. This difficulty could be attributed to the
fact that many students failed to purchase a style manual or to ask their
teacher for help. (Jones,1993, p. 199).
Nama
penulis disebutkan dalam kalimat
Jones's
1993 study found the following: Students often had difficulty using APA style,
especially when it was their first time citing sources. This difficulty could
be attributed to the fact that many students failed to purchase a style manual
or to ask their teacher for help (p. 199).
CONTOH PENULISAN KUTIPAN
Karya
dengan 2 sampai 6 penulis
Nama
keluarga/nama belakang penulis disebutkan semua.
Richards,
Jones and Moore (1998) maintain that college students who actively participate
in extracurricular activities achieve greater academic excellence because they
learn how to manage their time more effectively.
atau
The
authors maintain that college students who actively participate in
extracurricular activities achieve greater academic excellence because they learn
how to manage their time more effectively (Richards, Jones, & Moore, 1998).
Karya
lebih dari 6 penulis
Jika
karya yang dikutip ditulis lebih dari 6 pengarang, yang ditulis hanya nama keluarga/belakang
penulis pertama, dengan memberi inisial et al.
Massachusetts
state and municipal governments have initiated several programs to improve
public safety, including community policing and after school activities (Smith
et a1., 1997).
Lebih
dari 1 karya dengan penulis yang sama.
Semua
tahun penerbitan publikasi harus disebutkan semua.
Smith
(1972) in his study of the effects of alcohol on the ability to drive, Smith
(1991)
showed
that the reaction times of participating drivers were adversely affected by as
little
as a twelve ounces can of beer.
Mengutip dari beberapa
karya dari penulis yang berbeda dan tahun penerbitan
dalam
1 kalimat (kutipan diambil dari sumber yang berbeda).
Studies
of precautionary saving in response to earnings risk include Cantor (1985),
Skinner
(1988), Kimbal (1990a, 1990b) and Caballero (1991), among others...
atau
The
hemispheric division of the human brain has been studied from many different perspectives;
however, not all researchers agree on the exact functions of each hemisphere
(Ellison, 1973; Jaynes, 1979; Mick, 1978).
Karya
dengan nama belakang penulis sama
Jika
mengutip dari karya dengan nama belakang penulis yang sama dengan kutipan sebelumnya,
nama depan penulis perlu dicantumkan pada kutipan berikutnya.
At
least 66,665 lions were killed between 1907 and 1978 in Canada and the United States
(Kevin Hansen, 1980).
Jika
dalam 1 kutipan
D.
M. Smith (1994) and P. W. Smith (1995) both reached the same conclusion about parenting
styles and child development.
Mengutip
rumus, hasil penelitian/exact quotation
Harus
mencatumkan nomor halaman.
In
his study on the effects of alcohol on drivers, Smith (1991, p. 104) stated
that "participants who drank twelve ounces of beer with a 3.5% alcohol
content reacted,
on
average, 1.2 seconds more slowly to an emergency braking situation than they
did when they had not ingested alcohol."
Mengutip
dari kutipan
Jika
mengutip dari sumber yang mengutip, nama penulis asli dicantumkan pada kalimat,
dan nama penulis yang mengutip dicantumkan pada akhir kalimat kutipan.
Behavior
is affected by situation. As Wallace (1972) postulated in Individual and Group
Behavior, a person who acts a certain way independently may act in an entirely
different
manner while the member of a group (Barkin, 1992, p. 478).
Tidak
ada nama penulis
Jika
tidak ada nama penulis, tuliskan 1 atau 2 kata pertama dari judul buku/halaman web.
Jika mengutip dari buku atau website, judul ditulis dalam cetak miring. Jika mengutip
dari artikel jurnal/majalah/surat kabar, judul ditulis dalam huruf tegak dengan
memberi tanda petik di awal dan akhir kutipan.
Massachusetts
state and municipal governments have initiated several programs to improve
public safety, including community policing and after school activities
(Innovations,
1997).
Artikel
tanpa nama penulis dan tahun penerbitan In another study of students and
research decisions, it was discovered that students succeeded with tutoring
(“Tutoring and APA,” n.d.).
Catatan:
n.d. = no date
Lembaga
sebagai penulis
The
standard performance measures were used in evaluating the system. (United States
Department of Transportation, Federal Aviation Administration, 1997)
Komunikasi
melalui email
This
information was verified a few days later (J. S. Phinney, personal communication,
June 5, 1999).
…dapat
disimpulkan bahwa jurusan Teknik Mesin kurang diminati oleh siswa perempuan
(wawancara dengan Juliana Anggono, 5 Januari 1999).
Mengutip
dari Website
Pada
dasarnya mengutip dari website atau sumber elektronik sama dengan mengutip dari
sumber tercetak. Jika mengutip dari website atau media elektronik, yang perlu dicantumkan
adalah nama penulis, tahun penerbitan, nomor halaman (untuk kutipan langsung)
atau jika tidak ada nomor halaman, sebutkan nomor bab (chapter), nomor gambar,
tabel atau paragraf. Alamat website (URL) dan informasi lain dituliskan pada
Daftar Referensi. (Cheek & Buss, 1981, p. 332) (Shimamura, 1989, chap. 3)
II.
Penulisan Kutipan dengan Format Modern Language Association (MLA)
1.
Penulisan Kutipan Tidak Langsung
Pada
format MLA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan
nama penulis dan nomor halaman sumbernya. Nama penulis disebutkan dalam kalimat
Pope
was clear to point out that, although many of his ideas were idealistic,
Rousseau held ambivalent feelings toward women (138).
Nama
penulis tidak disebutkan dalam kalimat
During
World War I, British and American women could, for the first time, earn
firstclass pay for first-class work (Gilbert 236-7).
2.
Penulisan Kutipan Langsung
Bentuk
penulisan sumber pada kutipan langsung sama dengan bentuk penulisan sumber pada
kutipan tidak langsung. Yang membedakan adalah penulisan kalimat kutipan.
Kutipan
langsung pendek
Jika
kalimat yang dikutip sama dengan atau kurang dari 3 baris, kutipan ditulis dengan
diawali dan diakhiri dengan tanda petik.
Nama
penulis disebutkan dalam kalimat
In
fact, Rumelhart (33) suggests that schemata "truly are the building blocks
of cognition".
In
fact, Rumelhart suggests that schemata "truly are the building blocks of
cognition"
Nama
penulis tidak disebutkan dalam kalimat
Past
attempts to deal with organisational conflict problems have led "to the development
of integrative and mixed structures such as committees, task forces and matrix
structures" (Dawson, 97).
Kutipan
langsung panjang
Jika
mengutip lebih dari 3 baris, kutipan ditulis pada paragraf tersendiri, dengan
jarak 1 inci atau kurang lebih 10 ketuk/spasi dari margin kiri, dengan jarak
antarbaris 1,5 spasi.
In
fact, Rumelhart suggests that: schemata truly are the building blocks of cognition.
They are the fundamental elements upon which all information processing
depends. Schemata are employed in the process of interpreting sensory data
(both linguistic and non linguistic), in retrieving information from memory, in
organizing actions, in determining goals and sub- goals, in allocating resources,
and generally, in guiding the flow of processing in the system (33-34).
CONTOH PENULISAN KUTIPAN
Lebih
dari satu karya dengan pengarang yang sama Jika mengutip 2 karya atau lebih
dengan penulis sama, sebutkan 1 kata dari judul karya diikuti dengan nomor
halaman. Jika karya berupa buku, judul dicetak miring;
jika
karya berupa artikel, judul diberi tanda petik.
When
calculating the number of homeless animals in the United States, the author comically
stated that "Maybe man would not overrun the planet, but his pet poodles and
Siamese cats might" (Westin, Pethood 6). She then further stated that
there are 50 million homeless animals in the country (Westin,
"Planning" 10).
Penulis
dengan nama belakang sama
Jika
mengutip karya dengan nama belakang penulis yang sama dengan kutipan terdahulu,
nama depan penulis perlu dicantumkan pada kutipan berikutnya. At least 66,665
lions were killed between 1907 and 1978 in Canada and the United States (Kevin
Hansen 58).
Mengutip
dari beberapa karya
The
dangers of mountain lions to humans have been well documented (Rychnovsky 40;
Seidensticker 114; Williams 30).
Karya
tanpa nomor halaman
Jika
mengutip karya tanpa nomor halaman (biasanya mengutip dari website), nomor paragraf
atau layar dituliskan sebagai pengganti nomor halaman. ……………………. (Smith, para.
4).
Karya
dengan dua atau tiga orang penulis
Richards,
Jones, and Moore maintain that college students who actively participate in extracurricular
activities achieve greater academic excellence because they learn how to manage
their time more effectively (185).
atau
The
authors maintain that college students who actively participate in
extracurricular activities achieve greater academic excellence because they
learn how to manage their time more effectively (Richards, Jones, and Moore
185).
Karya
dengan 4 penulis atau lebih
Chazon
et al. argued that ethnic groups are culturally based social organizations in which
members have multiple identities (105-6).
atau
The
authors argued that ethnic groups are culturally based social organizations in which
members have multiple identities (Chazon et al. 105-6).
Tidak
ada nama penulis
Artikel
Jika
mengutip dari artikel yang tidak ada nama penulisnya, 1 atau 2 kata pertama dari
judul artikel dituliskan sebagai sumber dengan diberi tanpa kutip di awal dan
di akhir judul.
In
California, fish and game officials estimate that since 1972 lion numbers have increased
from 2,400 to at least 6,000 ("Lion" A21).
Buku
Jika
mengutip dari buku yang tidak ada nama penulisnya, judul buku dituliskan sebagai
sumber dan ditulis dalam cetak miring.
Already
several new security holes have been discovered and outlined in detail (NewHacker's
Guide 18).
Karya
yang terdiri dari beberapa volume
Between
1762 and 1796, the economy of imperial Russia experienced profound changes
under Empress Catherine II (Spielvolgel, vol. 3).
Mengutip
dari karya berjilid
According
to Flint, Japanese women of the Tokugawa period had key roles and functions in
the home (5: 139).
Mengutip
dari dua karya yang berbeda
Recent
research confirms this effect (Catano 412-13; Mulderig 1198-1234).
Lembaga
sebagai penulisThe standard performance measures of the United States
Department of Transportation's Federal Aviation Administration (123-97) were
used in evaluating the system. The standard performance measures (United States
Department of Transportation, Federal Aviation Administration 123-97) were used
in evaluating the system.
Komunikasi
pribadi
A.
P. French noted that the clarity of Rutherford's prose style is not often
imitated in the writing of most contemporary physicists (personal conversation,
18 April 1994).
Jika
ada kata/kalimat yang dihilangkan pada kutipan langsung
Jika
dalam kutipan langsung terdapat bagian dari kalimat yang dihilangkan, tempat bagian
yang dihilangkan diberi tanda ellipsis. In surveying various responses to
plagues in the Middle Ages, Barbara W. Tuchman writes, “Medical thinking …
stressed air as the communicator of disease, ignoring sanitation or visible
carriers” (101-02).
Novel
Jika
mengutip novel, judulnya disebutkan dalam cetak miring, nama penulis, nomor halaman
juga disebutkan dan diikuti oleh nomor bab.
Fitzgerald's
narrator captures Gatsby in a moment of isolation: "A sudden emptiness seemed
to flow now from the windows and the great doors, endowing with complete isolation
the figure of the host" (56: ch. 3).
Drama
Jika
mengutip percakapan drama antara 2 pelaku atau lebih, kutipan percakapan tersebut
ditulis dalam paragraf tersendiri, dengan jarak 10 ketuk/spasi dari margin kiri.
Nama pelaku ditulis dengan huruf kapital. Kutipan percakapan oleh pelaku yang sama
pada baris kedua dan seterusnya ditulis dengan jarak 3 ketuk/spasi dari baris pertama.
Pada akhir kutipan ditulis nomor “ act, scene” dan nomor baris dalam tanda
kurung.
Marguerite
Duras’s screenplay for Hisroshima mon amour suggests at the outset the profound
difference between observation and experience: HE. You saw nothing in
Hisroshima. Nothing. SHE. I saw everything. Everything. […] The hospital, for
instance, I Saw it. I’m sure I did. There is a hospital in Hiroshima. How could
I Help seeing it? (2505-06)
Puisi
Jika
mengutip puisi, yang perlu disebutkan adalah nomor bagian (jika ada), kemudian
nomor baris.
When
Homer's Odysseus comes to the hall of Circe, he finds his men "mild / in
her soft spell, fed on her drug of evil" (10.209-11).
Alkitab
Jika
mengutip ayat Alkitab, nama kitab dituliskan diikuti oleh pasal dan ayat yang dikutip.
Consider
the words of Solomon: "If your enemy is hungry, give him bread to eat; and
if he is thirsty, give him water to drink" (Prov. 25.21).
Jika
diperlukan, versi Alkitab dapat disebutkan.
Consider
the words of Solomon: "If your enemy is hungry, give him bread to eat; and
if he is thirsty, give him water to drink" (Prov. 25.21. RSV).
Mengutip
dari website atau sumber elektronik
Mengutip
dari website sama dengan mengutip dari bahan cetak. Jika sumber memiliki pengarang
dan nomor halaman, sebutkan seperti pada sumber tercetak. Dan jika tidak ada
nomor halaman, sebutkan nomor paragraf atau tampilan ke berapa.
Using
historical writings about leprosy as an example, Demaitre argues that "the
difference between curability and treatability is not a modern invention"
(29).
Mengutip
dari website tanpa penulis
Jika
mengutip dari website yang tidak diketahui nama penulisnya, judul lengkap website
dapat ditulis dalam kalimat, atau 1 atau beberapa kata, dari judul awal website
dalam tanda petik di akhir kalimat yang dikutip (seperti mengutip artikel).
According
to a Web page sponsored by the Children's Defense Fund, fourteen American
children die from gunfire each day ("Child").
Daftar
referensi adalah kumpulan sumber informasi yang digunakan dalam sebuah penulisan,
yang disusun secara alfabetis. Sumber informasi yang dicantumkan dalam daftar
itu adalah yang dikutip dalam uraian/teks dan yang mendukung atau dipakai sebagai
acuan. Informasi tentang sumber yang digunakan harus ditulis secara benar, lengkap
dan konsisten dengan menggunakan format/standar tertentu. Secara umum format
penulisan (citation style) dibedakan atas dua jenis berdasarkan golongan ilmu, yaitu
humanities style dan scientific style. APA merupakan contoh dari scientific
style, dan MLA merupakan contoh dari humanities style.
Ketentuan
umum penulisan daftar referensi
a.
Sumber yang dikutip dalam uraian/teks harus ditulis lengkap dalam „Daftar Referensi“.
Sebaliknya, sumber yang terdaftar dalam Daftar Referensi harus ditulis dalam
teks sebagai kutipan.
b.
Nama penulis ditulis nama keluarga/nama belakang terlebih dahulu, kecuali nama Cina,
Jepang, Korea, karena nama keluarga sudah di awal.
Contoh
:
Nama
: Kwik Kian Gie. Penulisan : Kwik Kian Gie.
Nama
: Heribertus Andi Mattalata. Penulisan : Mattalata, Heribertus Andi.
Nama
: Joyce Elliot-Spencer. Penulisan : Elliot-Spencer, Joyce.
Nama
: Anthony T. Boyle, PhD. Penulisan : Boyle, Anthony T.
Nama
: Sir Philip Sidney. Penulisan : Sidney, Philip.
Nama
: Arthur George Rust Jr. Penulisan : Rust, Arthur George, Jr.
Nama
: John D. Rockfeller IV. Penulisan : Rockfeller, John. D., IV
c.
Gelar kebangsawanan, akademik, dan keagamaan tidak perlu ditulis.
d.
Jika tidak ada nama penulis, judul karya dituliskan sebagai tema utama.
e.
Pada format APA, huruf pertama dari judul karya atau judul tambahan ditulis dengan
huruf kapital. Pada format MLA huruf kapital digunakan pada setiap awal kata
dari judul karya (kecuali kata sandang).
f.
Baris kedua setiap sumber ditulis dengan jarak 5 ketuk/spasi dari margin kiri
baris pertama dengan jarak antar baris 1,5 spasi.
g.
Daftar diurutkan berdasarkan abjad nama keluarga/nama belakang dengan jarak
1,5
spasi.
Lampiran
11 : Contoh Penulisan Daftar Referensi
FORMAT
APA
I.
BUKU
Penulis
tunggal
Baxter,
C. (1997). Race equality in health care and education. Philadelphia: Balliere
Tindall.
Penulis
dua atau tiga
Cone,
J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and theses from start to finish:
Psychology
and related fields. Washington, DC: American Psychological
Association.
Tidak
ada nama penulis
Merriam-Webster’s
collegiate dictionary (10th ed.). (1993). Springfield, MA: Merriam-Webster.
Bukan
edisi pertama
Mitchell,
T.R., & Larson, J.R. (1987). People in organizations: An introduction to organizational
behavior (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.
Penulis
berupa tim atau lembaga
American
Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and statistical manual of mental
disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.
Buku
berseri/multi volume (editor sebagai penulis)
Koch,
S. (Ed.). (1959-1963). Psychology: A study of science (Vols. 1-6). New York: McGraw-Hill.
Terjemahan
Kotler,
Philip. (1997). Manajemen pemasaran : Analisis, perencanaan, implementasi (Hendra
Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah.). Jakarta: Prenhallindo.
Artikel
atau bab dalam buku yang diedit
Eiser,
S., Redpath, A., & Rogers, N. (1987). Outcomes of early parenting: Knowns and
unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). Logical thinking in children
(pp. 58-87). New York: Springer.
Artikel/istilah
dalam buku referensi
Schneider,
I. (1989). Bandicoots. In Grzimek’s encyclopedia of mammals (vol.1, pp. 300
304). New York: McGraw-Hill.
Makalah
seminar, konferensi, dan sejenisnya.
Crespo,
C.J. (1998, March). Update on national data on asthma. Paper presented at the
meeting of the National Asthma Education and Prevention Program, Leesburg, VA.
II.
SERIAL
Artikel
Jurnal
Clark,
L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction
with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality
and Social Psychology, 79, 274-285.
Artikel
Majalah
Greenberg,
G. (2001, August 13). As good as dead: Is there really such a thing as brain
death? New Yorker, 36-41.
Artikel
surat kabar
Crossette,
Barbara. (1990, January 23). India lodges first charges in arms Scandal. New
York Times, A4.
Artikel
surat kabar, tanpa penulis
Understanding
early years as a prerequisite to development. (1986, May 4). The Wall Street
Journal, p. 8.
Resensi
buku dalam jurnal
Grabill,
C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: Improving children's mental
health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention and
treatment with children and adolescents]. Journal of Clinical Child Psychology,
28, 115 116.
Resensi
film dalam jurnal
Lane,
A. (2000, December 11). Come fly with me [Review of the motion picture Crouching
tiger, hidden dragon]. The New Yorker, 129-131
III.
WAWANCARA
White,
Donna. (1992, December 25). Personal interview.
IV.
KARYA LAIN DAN KARYA NONCETAK
Acara
Televisi
Crystal,
L. (Executive Producer). (1993, October 11). The MacNeil/Lehrer news hour.
[Television
broadcast]. New York and Washington, DC: Public BroadcastingService.
Kaset
Video/VCD
National
Geographic Society (Producer). (1987). In the shadow of Vesuvius . [Videotape].
Washington, DC: National Geographic Society.
Kaset
Audio
McFerrin,
Bobby (Vocalist). (1990). Medicine music [Audio Recording]. Hollywood, CA:
EMI-USA.
Perangkat
lunak komputer
Arend,
Dominic N. (1993). Choices (Version 4.0) [Computer software]. Champaign, IL:
U.S. Army Corps of Engineers Research Laboratory. (CERL Report No.CH7- 22510)
V.
PUBLIKASI ELEKTRONIK
Karya
lengkap
McNeese,
M.N. (2001). Using technology in educational settings. October 13, 2001. University
of Southern Mississippi, Educational Leadership and Research.
http://www.dept.usm.edu/~eda/
Artikel
dari pangkalan data online
Senior,
B. (1997, September). Team roles and team performance: Is there really a link?
Journal of Occupational and Organizational Psychology, 70, 241-258. June 6,
2001. ABI/INFORM Global (Proquest) database.
Artikel
jurnal di website
Lodewijkx,
H. F. M. (2001, May 23). Individual- group continuity in cooperation and competition
undervarying communication conditions. Current Issues in Social Psychology, 6
(12), 166-182. September 14, 2001. http://www.uiowa.edu/~grpproc/
crisp/crisp.6.12.htm
Dokumen
lembaga
NAACP
(1999, February 25). NAACP calls for Presidential order to halt police brutality
crisis. June 3, 2001. http://www.naacp.org/president/releases/police_brutality.htm
Dokumen
lembaga, tanpa nomor halaman, tanpa informasi tahun penerbitan
Greater
Hattiesburg Civic Awareness Group, Task Force on Sheltered Programs. (n.d.).
Fund-raising efforts. November 10, 2001. http://www.hattiesburgcag.org
Penulis
dan informasi waktu penerbitan tidak diketahui
GVU's
8th WWW user survey. (n.d.). September 13, 2001.
http://www.gvu.gatech.edu/user_surveys/survey-1997-10/
Email
Wilson,
R.W. (1999, March 24). Pennsylvania reporting data. Child Maltreatment
Research.
March 30, 1999. CHILD-MALTREATMENT-R-L@cornell.edu
CD-ROM
Ziegler,
H. (1992). Aldehyde. The Software Toolworks multimedia encyclopedia (CDROM
version
1.5). Boston: Grolier. Januari 19, 1999. Software Toolworks.
Nickell,
Stephen J. (August 1996). Competition and corporate performance. The
Journal
of Political Economy, 104(4), 724-747. December 15, 2003. Proquest
Database
(CD-ROM).
FORMAT
MLA
I.
BUKU
Penulis
Tunggal
Frye,
Northrop. Anatomy of Criticism: Four Essays. Princeton: Princeton UP, 1957.
Buku
dengan penulis sama
-------------.
The Secular Scripture. Cambridge: Harvard UP, 1976.
Dengan
dua atau tiga orang pengarang
Howe,
Russell Warren, and Sarah Hays Trott. The Power Peddlers. Garden City:
Doubleday,
1977.
Marquart,
James W., Sheldon Ekland Olson, and Jonathan R. Sorensen. The Rope, the
Chair,
and the Needle: Capital Punishment in Texas, 1923-1990. Austin: Univ. of
Texas,
1994.
Lebih
dari tiga penulis
Edens,
Walter, et al., ed. Teaching Shakespeare. Princeton: Princeton UP, 1977.
Tidak
ada nama penulis
Merriam-Webster’s
collegiate dictionary (10th ed.). Springfield, MA: Merriam-
Webster,
1993.
Editor
sebagai penulis
Harari,
Josue, ed. Textual Strategies. Ithaca: Cornell UP, 1979.
Penulis
dan editor
Malory,
Thomas. King Arthur and his Knights. Ed. Eugene Vinaver. London: Oxford
UP,
1956.
Penulis
berupa tim atau lembaga
National
Institute for Dispute Resolution. Dispute Resolution Resource Directory.
Washington,
D.C.: Natl. Inst. for Dispute Res., 1984.
Karya
multi jilid/buku berseri
Freedberg,
S. J. Andrea del Sarto. 2 jil. Cambridge: Harvard UP, 1963.
Terjemahan
Foucault,
Michel. The Archaeology of Knowledge. Trans. A. M. Sheridan Smith.
London:
Tavistock Publications, 1972. Trans. of L'Archéologie du savoir, 1969.
Artikel
atau bab dalam buku
Magny,
Claude-Edmonde. "Faulkner or Theological Inversion." Faulkner: A
Collection
of Critical Essays. Ed. Robert Penn Warren. Englewood Cliffs: Prentice-
Hall,
1966. 66-78.
39
Artikel/istilah
dalam buku referensi
Foster,
John S., Jr. "Nuclear War." Encyclopedia Americana. Intl. ed. 1998.
“Ginsburg,
Ruth Bader.” Who’s Who in America. 52nd ed. 1998.
“Noon.”
The Oxford English Dictionary. 2nd ed. 1989.
Brosur,
pamflet dan sejenisnya
Jawa
Timur. Surabaya: Dinas Pariwisata Jawa Timur, 1999.
Makalah
seminar, konferensi dan sejenisnya
Mann,
Jill. “Chaucher and the ‘Woman Question.’” This Noble Craft: Proceedings of
the
Tenth Research Symposium of the Dutch and Belgian University Teachers of
Old
and Middle English and Historical Linguistics, Utrect, 19-10 January 1989.
Ed.
Erik Kooper. Amsterdam: Radopi, 1991.173--88.
II.
SERIAL
Artikel
jurnal
Dabundo,
Laura. “The Voice of the Mute: Wordsworth and the Ideology of Romantic
Silences.”
Christiantity and Literature 43:1(1995): 21-35.
Artikel
majalah
Alpern,
David M. “Has Moscow Violated SALT?.” Newsweek 22 Oct. 1984: 32.
Artikel
surat kabar
Crossette,
Barbara. “India Lodges First Charges in Arms Scandal.” New York Times
23
Jan. 1990, natl. ed.: A4.
Artikel
surat kabar tanpa pengarang
“Dubious
Venture.” Time 3 Jan. 1994: 64-65.
“Staging
your Own Photo Exhibition.” Better Photography July-Sept. 2000: 24-26.
III.
WAWANCARA
Poussaint,
Alfin F. Telephone interview. 10 Dec. 1990.
Clinton,
Bill. Interview with Ted Koppel. Nightline, ABC. WTNH, New Haven. 14
Nov.
1996.
IV.
KARYA LAIN DAN KARYA NONCETAK
Film
Lee,
Spike, dir. and prod. Do the Right Thing. Forty Acres and a Mule Filmworks,
1989.
Program
televisi atau radio
“Voyage
to the Galapagos.” Scientific American Frontiers. Host Alan Alda. PBS. 5
Oct.
1999.
Safer,
Morley, writ. “Busted by the FBI!” Sixty Minutes. CBS. WFSB, Hartford. 14
Feb.
2000. Transcript.
Schneider,
Pamela. Interview. Seniors: What Keeps Us Going. With Linda Storrow.
Natl.
Public Radio. WNYC, New York. 11 July 1988.
40
Pertunjukan
(drama, opera, dan sejenisnya).
Hamlet.
By William Shakespeare. Dir. John Gielgud. Perf. Richard Burton. Shubert
Theatre,
Boston. 4 Mar. 1964.
The
River. Chor. Alvin Ailey. Dance Theater of Harlem. New York State Theater,
New
York. 15 Mar. 1994.
Lukisan,
foto, patung, dan sejenisnya.
Bearden,
Romare. The Train. Carole and Alex Rosenberg Collection, New York.
Cassatt,
Mary. Mother and Child. Wichita Art Museum. American Painting: 1950-
1913.
By John Pearce. New York: McGraw Hill, 1964. Slide 22.
Kartun
Trudeau,
Garry. “Donesbury.” Cartoon. Star-Ledger 17 June 1998: 23
Iklan
Air
Canada. Advertisement. CNN. 15 May 1998.
The
Fitness Fragnance by Ralph Lauren. Advertisement. Cospomolitan Apr.
1997:
111-12.
V.
PUBLIKASI ELEKTRONIK
Buku
Online
Austen,
Jane. Pride and Prejudice. Ed. Henry Churchyard. 1996. 10 Sept. 1998
<http://www.pemberley.com/janeinfo/prideprej.html>.
Hawthorne,
Nathaniel. “Dr. Heidegger’s Experiment.” Twice-Told Tales. Ed. George
Parsons
Lathrop. Boston: Houghton, 1883. 1 Mar. 1998
<http://eldred.ne.mediaone.net/nh/dhe.html>
Artikel
jurnal online
Calabrese,
Michael. “Between Despair and Ecstacy: Marco Polo’s Life of the
Buddha.”
Exemplaria 9.1 (1997). 22 June 1998
<http://web.english.ufl.edu/english/exemplaria/calax.htm>
Artikel
surat kabar/majalah online:
Reid,
T.R. “Druids Return to Stonehenge.” Washington Post 22 June 1998. 22 June
1998
<http://www.washintonpost.com/wp-srv/Wplate/1998-06/22/ 045I-062298-
idx.html>.
Artikel
dalam pangkalan data online
Smith,
Martin. "World Domination for Dummies." Journal of Despotry Feb.
2000:
66-72.
Expanded Academic ASAP. Gale Group Databases. Purdue University
Libraries,
West Lafayette, IN. 19 February 2003.
<http://www.infotrac.galegroup.com>.
Fox,
Justin. “What in the World Happened to Economics?” Fortune 15 Mar. 1999:
90-102.
ABI/INFORM Global. Proquest Direct. Perpustakaan Universitas
Indonesia,
Depok. 23 January 2004. <http://www.proquest.com/pqdauto>.
41
Artikel
di website
“Using
Modern Language Association (MLA) Format.” Purdue Online Writing Lab.
2003.
Purdue University. 6 Feb. 2003.
<http://owl.english.purdue.
edu/handouts/research/r_mla.html>.
Publikasi
lembaga
United
States. Dept. of Justice. Natl. Inst. Of Justice. Prosecuting Gangs: A National
Assessment.
By Claire Johnson, Barbara Webster, and Edward Connors. Feb 1996.
29
June 1998 <http://www.ncjrs.org/txtfiles/pgang.txt>.
Artikel/istilah
dalam koleksi referensi online
“Fresco.”
Britannica Online. Vers. 97.1.1. Mar. 1997. Encyclopedia Britannica. 29
Mar.
1997 <http://www.eb.com:180>.
E-mail
Kleppinger,
Eugene. "How to Cite Information from the Web". E-mail to Andrew
Harnack.
10 Jan. 1999.
Forum
diskusi di web
Marcy,
Bob. "Think They'll Find Any Evidence of Mallory & Irvine?"
Online
posting.
30 Apr. 1999. Mt. Everest >99 Forum. 28 May 1999.
<http://everest.mountainzone.com/99/forum>.
Diskusi
di listserve/newsgroup
Holland,
Norman. "Re: Colorless Green Ideas". Online posting. 30 May 1999.
Psyart.
1 June 1999 <http://web.clas.ufl.edu/ipsa/ psyart.htm>.
Parente,
Victor. "On Expectations of Class Participation". Online posting 27
May
1996.
29 May 1996 <philosed@sued.syr.edu>.
Telnet,
FTP, dan gopher
Sowers,
Henry, Miram Fields, and Jane Gurney. Online collaborative conference. 29
May
1999. Lingua MOO. 29 May 1999. <telnet://lingua.utdallas.edu:8888>.
Mathews,
J. Preface. Numerical Methods for Mathematics, Science, and Engineering.
2nd
ed. N.p.: Prentice Hall, 1992. 8 June 1999.
<ftp://ftp.ntua.gr/pub/netlib/textbook/index.html>.
Artikel/data
dalam CD-ROM
“U.S.
Population by Age: Urban and Urbanized Areas.” 1990 U.S. Census of
Population
and Housing. CD-ROM. US Bureau of the Census. 1990.
Artikel
jurnal dalam CD-ROM database
Angier,
Natalie “Chemists Learn Why Vegetables are Good for You.” New York
Times
13 Apr. 1993, late ed.: C1. New York Times On disc. CD-ROM.
UMIProquest.
Oct. 1993.
Artikel/istilah
dalam koleksi referensi berbentuk CD-ROM
“Albratoss.”
The Oxford English Dictionary. 2nd ed. CD-ROM. Oxford: Oxford UP,
1992.
42
Lampiran
12. Prosedur Pengumpulan Tugas Akhir
PROSEDUR
PENGUMPULAN TUGAS AKHIR
I.
Prosedur Umum
Lulusan
Universitas Indonesia wajib :
1.
Menyerahkan tugas akhirnya, dalam bentuk cetakan dan rekaman dalam CDROM,
kepada
UI melalui bagian pengadaan koleksi di Perpustakaan Universitas
atau
Perpustakaan Fakultas/Program Pascasarjana masing-masing.
2.
Mengikuti aturan penulisan yang ditetapkan melalui SK Rektor UI Nomor:
628/SK/R/UI/2008
tanggal 16 Juni 2008
3.
Menyerahkan seluruh isi tulisan, termasuk lampiran, yang menjadi bagian dari karya
yang kan diserahkan.
4.
Mengisi formulir “Bukti Penyerahan Tugas Akhir” yang disediakan Perpustakaan Perpustakaan
UI/Fakultas/Program Pascasarjana UI/(dibuat rangkap)
II.
Cara Penyerahan Tugas Akhir
A.
Sistem PEMINDAIAN (SCANNING)
•
Mahasiswa menyerahkan 1 (satu) eksemplar tugas akhir tercetak yang sudah dijilid
dan 1 (satu) eksemplar loose-copy tidak dijilid, hanya dijepit. Keduanya harus
asli.
•
Warna sampul Tugas Akhir yang telah dijilid ditentukan sebagai berikut.
a.
Skripsi: putih
b.
Tesis: cokelat
c.
Disertasi: cokelat
•
Pada Lembar ”Pengesahan Tugas Akhir” baik hardcopy maupun loose-copy harus ada
tanda tangan asli dari dosen pembimbing dan dosen penguji.
•
Melampirkan ”Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir untuk Kepentingan
Akademis” dengan tanda tangan asli penulis (bukan fotokopi).
B.
Sistem KONVERSI
•
Menyerahkan 1 (satu) eksemplar hardcopy (harus asli) dijilid.
•
Pada Lembar ”Pengesahan Tugas Akhir” hardcopy harus ada tanda tangan asli dari
dosen pembimbing dan dosen penguji (bukan fotokopi).
•
Melampirkan ”Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk
Kepentingan Akademis” dengan tanda tangan asli penulis (bukan fotokopi)
•
Menyerahkan satu (1) softcopy dalam media CD ROM dalam Portable Document Format
(.pdf) yang disertai satu (1) lembar lepas “Lembar Pernyataan Persetujuan
Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis” berisi tanda tangan asli
penulis (bukan fotokopi), dan satu (1) lembar lepas “Lembar
Pengesahan”
yang berisi tanda tangan asli dari dosen pembimbing dan dosen penguji.
43
CATATAN
:
Bagi
Program Studi yang tugas akhir mahasiswanya menghasilkan blue print berlaku ketentuan
sebagai berikut.
•
Tugas akhir tercetak tidak perlu diberi lampiran blue print yang diperkecil.
•
Blue print dijilid terpisah dengan ukuran kertas A3.
•
Halaman Sampul pada jilid dan blue print diberi informasi sesuai dengan halaman
sampul tugas akhir.
•
Mahasiswa yang memilih pengumpulan sistem pemindaian membayar biaya pemindaian
sebesar Rp.50.000,00 dan dilakukan di Perpustakaan Universitas Indonesia.
ARNA
PITA
III.
Format Penyusunan tugas akhir dalam CD ROM
A.
FISIK
Informasi
yang dicantumkan pada kepingan CD dengan urutan sebagai berikut.
•
(Judul)
•
(Nama dan NPM/NIP)
•
(Kalimat )“Dengan ini menyatakan bahwa isi TA CD-ROM sama dengan hardcopy”
•
Tanda tangan asli Dosen Pembimbing I dan II
•
Informasi di atas ditik, bukan ditulis tangan, kecuali tanda tangan
•
Kepingan CD dimasukkan dalam CD case yang terbuat dari mika (transparan), bukan
dari plastik.
•
Penomoran halaman pada file elektronik harus sama dengan penomoran halaman pada
hardcopy.
B.
NONFISIK
CD
ROM dibagi dalam beberapa folder/file
•
Folder TUGAS AKHIR berisi semua file isi tugas akhir.
•
Folder GAMBAR berisi semua file gambar asli yang digunakan di dalam naskah tugas
akhir.
•
Folder MULTIMEDIA berisi semua file multimedia penyerta (gambar, animasi, audio,
video, dll.) yang tidak digunakan/berada di dalam naskah tugas akhir
(Format
file yang disimpan dalam folder GAMBAR dan MULTIMEDIA akan diatur dalam
peraturan tersendiri).
IV.
Waktu Berlakunya Peraturan
Peraturan
ini berlaku mulai semester Genap 2007/2008 hingga dikeluarkan peraturan yang
baru.
FOLDER
TUGAS AKHIR
•
Semua dokumen ditik dalam Microsoft Word
•
Gambar, foto, grafik disisipkan sebagai image dalam dokumen MS Word baik dalam bahasan
maupun dalam lampiran.
•
Satu folder berisi satu file utuh tugas akhir (bentuk file pdf)
•
Satu folder berisi file tugas akhir yang dipecah dengan penamaan file sebagai berikut
:
a)
Awal.doc berisi: Halaman Judul; Lembar Pengesahan; Kata Pengantar; Lembar Pernyataan
Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis,
Daftar
isi; Daftar Tabel; Daftar Gambar; Daftar Rumus; Daftar Lainnya; Daftar Lampiran
(semua berada dalam satu file dengan nama Awal.doc)
b)
Abstract.doc berisi: Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (semua berada dalam
satu file dengan nama Abstract.doc)
c)
Chapter1.doc berisi Bab 1
Chapter2.doc
berisi Bab 2
Chapter3.doc
berisi Bab 3
Chapter4.doc
berisi Bab 4 dan seterusnya sesuai dengan jumlah bab
d)
Conclusion.doc berisi Bab Kesimpulan
e)
References.doc berisi Daftar Referensi
f)
Appendices.doc berisi Lampiran
•
Setiap halaman tugas akhir mulai Abstrak sampai dengan Daftar Referensi harus diberi
“auto text” pada footer dengan tulisan Universitas Indonesia (Arial 10 poin cetak
tebal), ditulis dengan posisi rata kanan (align right).
•
Semua file MS Word (.doc) harus dikonversikan menjadi Portable Document Format
(.pdf) (Lihat lampiran 2)
Langkah
konversi Microsoft Word (.doc) ke Portable Document Format (.pdf)
1.
Pastikan komputer yang Anda gunakan terinstall Adobe Acrobat 4.0 atau 5.0 (bukan
Acrobat Reader)
2.
Bukalah dokumen Anda menggunakan program Microsoft Word
3.
Klik menu File dan pilihlah Print
4.
Di monitor Anda akan tampil window Print dan pilihlah Acrobat PDFWriter
5.
Klik Properties, di bagian tab menu Page Setup, pastikan:
•
di bagian Page Size, pilih Standard : (A4);
•
di bagian Orientation, pilih sesuai dengan dokumen Anda;
•
di bagian Graphic, pilih Resolution : SCREEN dan Scalling : 100%;
•
abaikan tab menu Compression Options, Tipe Embedding, About.
6.
Klik tombol OK
7.
Klik OK sekali lagi.
8.
Silakan memberi nama file sesuai dengan lampiran 12 tentang Folder Tugas Akhir
dan klik Save.
9.
Silakan menunggu proses konversi yang sedang berjalan.
10.
File baru yang dihasilkan akan sesuai dengan nama yang Anda berikan di langkah no
8.
11.
Silakan cek hasil akhir dengan double click di nama file Anda.
Berlangganan Postingan [Atom]
Posting Komentar