6.4.19
CONTOH RPP PAI K 13
Contoh RPP
Kurikulum 2013 ( K 13)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : ………………………………………………
Mata
pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester :
I / I (satu)
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (4
JP)
Tema :
Kasih Sayang
Subtema : Kasih
Sayang Nabi Muhammad SAW
I. Kompetensi Inti
KI-3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI-4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II. Kompetensi Dasar
3.12. Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
4.15.
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
III. Indikator
- Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;
- Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw;
- Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menceritakan kisah
singkat Nabi Muhammad saw dengan baik.
2.
Siswa mampu menyebutkan kasih
sayang Nabi Muhammad saw dengan benar.
3. Siswa
mampu menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
V.
Materi Pembelajaran
1. Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
VI. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Penugasan
VII. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
·
Guru memulai pembelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·
Guru memeriksa kehadiran,
kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
·
Guru menyapa peserta didik
dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru dapat memanfaatkan
media/alat peraga/alat bantu dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan
visual (film) yang relevan.
·
Guru dapat memanfaatkan
model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah
interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan
visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting
artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling
mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar
pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
|
20 menit
|
INTI
|
·
Guru meminta peserta didik
mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
·
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut.
·
Guru memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar
tersebut.
·
Guru meminta kembali pendapat
peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri,
anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
·
Guru menyampaikan kisah singkat
kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
·
Pada kolom “sikapku”, guru
meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
·
Guru membimbing peserta didik
membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat.
·
Pada kolom “ayo kerjakan”
peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan
dan mencermati gambar tersebut
|
90 menit
|
PENUTUP
|
·
Guru bersama
peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Guru meminta
peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·
Guru memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran
·
Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik
|
30 menit
|
VIII.
Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Agama
Islam dan Budi Pekerti Kelas I, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta
2013.
2. Laptop
3. Proyektor
IX.
Penilaian
dan Program Tindak Lanjut:
1. Instrumen Penilaian:
a. Penilaian tertulis
b. Penilaian sikap
2. Program Tindak Lanjut:
a. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai
KD > KKM:
Peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
berupa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat
dilakukan misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang
menceritakan perilaku kasih sayang dalam satu lembar. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
b. Remedial,
bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
Peserta didik yang belum
menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi kasih sayang Nabi
Muhammad saw. Guru melakukan penilaian kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan
mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan
waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.
c.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik
memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan
menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan
orang tua untuk mengamati perilaku kasih sayang anak dalam keluarganya.
Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku kasih sayang peserta didik
kepada adiknya.
Menyetujui
Kepala Sekolah,
( )
NIP : …………………………
|
|
Sekayu, …………………….
Penyusun
( )
NIP: ………………….......
|
LAMPIRAN PENILAIAN K13
A.
Penilaian.
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan Materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
B.
Penilaian Sikap.
Siswa Kelas I
NO.
|
NIS
|
Nama
Siswa
|
Skor perolehan setiap aspek
|
Nilai
|
Predikat
|
|||||||
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1. Disiplin
2. Peduli
3. Tanggung
jawab
4. Ketelitian
5. Kerja sama
6. Santun
7. Percaya diri
8. Keberanian
Rentang
skor 1 - 5
1 sangat kurang
2 = kurang/jarang
3 = cukup
4 = baik/sering
5 = sangat baik/sangat
sering
Pedoman Penilaian:
1.
Jumlah skor 31-40 = Tinggi
2.
Jumlah skor 21-30 = Sedang
Jumlah skor 10-20 = Rendah
X.
Refleksi:
1.
Hari ini, Aku tahu?
·
kisah singkat Nabi Muhammad saw.
· sikap
kasih sayang Nabi Muhammad saw.
2.
Hari ini, Aku melakukan?
·
Menceritakan kisah singkat Nabi
Muhammad saw;
3.
Hari ini, Aku bersikap?
· Bertanggung jawab karena semua tugas
dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
· Disiplin, karena tertib mengikuti
instruksi.
· Peduli, karena bisa menjaga
ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
· Santun, karena dalam mengucapkan dan
mengambil posisi ketika berdoa dengan benar.
Label: RPP Kurikulum 2013, RPP PAI K 13
Berlangganan Postingan [Atom]
Posting Komentar