CONTOH RPP PAI K 13

Posted by Sonin 0 komentar

Contoh RPP Kurikulum 2013 ( K 13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah               : ………………………………………………                                                                     
Mata pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester         : I / I (satu)
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (4 JP)
Tema                                   : Kasih Sayang
Subtema                            : Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW

I.       Kompetensi Inti
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.     Kompetensi Dasar
3.12.  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.15.  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

III.  Indikator
  1. Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;
  2. Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw;
  3. Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.

IV.     Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa mampu menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw dengan baik.
2.     Siswa mampu menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw dengan benar.
3.     Siswa mampu menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.

V.       Materi Pembelajaran
1.    Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.

VI.   Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya jawab
4.    Demonstrasi
5.    Penugasan

VII.  Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN



·      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
·      Guru dapat memanfaatkan model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

20 menit
INTI

·      Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
·      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
·      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·      Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
·      Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
·      Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
·      Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat.
·      Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut

90 menit
PENUTUP
·      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·      Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
·      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

30 menit

VIII.            Alat dan Sumber Belajar
1.    Buku Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 2013.
2.    Laptop
3.    Proyektor

IX.     Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.  Instrumen Penilaian:
a.    Penilaian tertulis
b.   Penilaian sikap

2.  Program Tindak Lanjut:
a.   Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat dilakukan misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang dalam satu lembar. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

b.  Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi kasih sayang Nabi Muhammad saw. Guru melakukan penilaian kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

c.    Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku kasih sayang anak dalam keluarganya. Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku kasih sayang peserta didik kepada adiknya.



Menyetujui
Kepala Sekolah,



(                                            )
NIP : ……………………




Sekayu, …………………….        
Penyusun



(                                       )
NIP: ………………….......




LAMPIRAN PENILAIAN K13

A.   Penilaian.

No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan Materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan





B.   Penilaian Sikap.

Siswa Kelas I
NO.
NIS
Nama Siswa
Skor perolehan setiap aspek
Nilai
Predikat






1
2
3
4
5
6
7
8




1












2












3












4












5












































Aspek yang dinilai:
1.     Disiplin
2.     Peduli
3.     Tanggung jawab
4.     Ketelitian
5.     Kerja sama
6.     Santun
7.     Percaya diri
8.     Keberanian

Rentang skor 1 - 5

1 sangat kurang
2 = kurang/jarang
3 = cukup
4 = baik/sering
5 = sangat baik/sangat sering

Pedoman Penilaian:
1.            Jumlah skor 31-40 = Tinggi
2.     Jumlah skor 21-30 = Sedang
      Jumlah skor 10-20 = Rendah

X. Refleksi:

1.       Hari ini, Aku tahu?
·       kisah singkat Nabi Muhammad saw.
·       sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.

2.        Hari ini, Aku melakukan?
·       Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;

3.     Hari ini, Aku bersikap?
·       Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
·       Disiplin, karena tertib mengikuti instruksi.
·       Peduli, karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
·       Santun, karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CONTOH RPP PAI K 13
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2019/04/contoh-rpp-pai-k-13.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor