SILABUS K13-PAI-KELAS 2 SD

Posted by Sonin 0 komentar



SILABUS

Satuan Pendidikan      : ....................................................................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas                           : II ( Dua )
Alokasi Waktu            : 4 Jam Pelajaran / Minggu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.1    Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’ān.
2.1    Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf hijaiyyah bersambung.
        Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
        Melafalkan huruf Hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
Huruf hijaiyyah bersambung
·      Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·      Mengamati gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf hijaiyyah bersambung.
·      Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik. pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·      Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
·      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara individual dengan bimbingan pendidik.
·      Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·      Mengidentifikasi huruf hijaiyyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar.
·      Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyyah bersambung secara kelompok atau individual.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.2    Terbiasa membaca al-Qur’āndengan tartil
2.2    Menunjukkan sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasehati sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr.
        Memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr.
        Melafalkan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr dengan benar dan jelas.
        Menunjukkan hafalanQ.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr dengan benar dan jelas.



Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr
·      Mencermati pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara klasikal atau individual.
·      Menyimak  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan, hafalan dan pesan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr?
·      Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara kelompok.
·      Secara berpasangan mendiskusikan tentang keterkaitan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr dengan kehidupan sehari-hari.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr.
·      Menghubungkan tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr dengan kehidupan sehari-hari.
·      Menirukan pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok.
·      Menghafal bacaan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr ayat per ayat sesuai makharijul huruf secara  berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan hafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr baik secara individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr secara kelompok atau individual.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.3    Meyakini Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
2.3    Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
        Memahami hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
        Menunjukkan perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman makna hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
Menuntut ilmu dan berani bertanya
·      Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya secara klasikal atau individual.
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Mendiskusikan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Mengidentifikasi perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan berani bertanya secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.4    Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
2.4    Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
        Memahami hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
        Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadis tentang kebersihan dan kesehatan.
Bersih, sehat dan peduli lingkungan
·      Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan secara klasikal atau individual.
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan perilaku bersih dan sehat, dan peduli lingkungan!
·      Mendiskusikan perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·      Mengidentifikasibersih, sehat dan peduli lingkungan.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.5    Menerima adanya Allah Swt. Yang Maha Suci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta
2.5    Menunjukkan perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
        Memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
        Melafalkan Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
·      Mencermati pelafalan dan menyimak arti al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq Allah Swt. secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?
·      Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Swt.  al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·      Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·      Menirukan pelafalan dan arti Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·      Menampilkan pelafalan Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq secara berulang kali baik secara individual atau berkelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq nya Allah Swt. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq nya Allah Swt. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.6    Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan.
2.6    Menunjukkan perilaku sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna doa sebelum dan sesudah makan.
        Memahami makna doa sebelum dan sesudah makan.
        Melafalkan doa sebelum dan sesudah makan.
Doa sebelum dan sesudah makan
·      Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara klasikal atau individual
Mengamati gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·      Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai belajar? coba lafalkan doa sebelum dan sesudah makan!
·      Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah makan secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum dan sesudah makan.
·      Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan.
·      Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok.
·      Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah makan dengan berulang-ulang yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.7    Meyakini bahwa perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai cerminan dari iman.
2.7    Menunjukkan perilaku kasih sayang kepada sesama.
        Memahami makna perilaku kasih sayang kepada sesama.
        Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama.

Kasih sayang kepada sesama
·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang kasih sayang kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama kehidupan sehari-hari.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·      Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual atau kelompok.
·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual maupun kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.8    Meyakini bahwa sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai cerminan dari iman.
2.8    Menunjukkan sikap kerja sama dan tolong-menolong.
        Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
        Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
Kerja sama dan tolong menolong
·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kerja sama dan tolong menolong secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh kerja sama dan tolong menolong secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang tolong menolong kehidupan sehari-hari.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·      Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong secara individual atau kelompok.
·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kerja sama dan tolong menolong secara individual maupun kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.9    Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah wudu.
2.9    Menunjukkan perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman doa sebelum dan sesudah wudu.
        Memahami doa sebelum dan sesudah wudu.
        Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar.

Doa dan tatacara wudu
·      Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara wudu dan doanya.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tatacara wudu dan doanya.
·      Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara wudu dan doanya secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara wudu dan doanya secara individual atau kelompok.
·      Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara wudu dan doanya baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.10    Menjalankan salat dengan tertib.
2.10    Menunjuk
kan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tata cara salat dan bacaannya.
        Memahami tata cara salat dan bacaannya.
        Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar.

Salat dan tatacaranya
·      Menyimak tatacara salat secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh tatacara salat secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara salat.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara salat baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tatacara salat baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tatacara salat.
·      Mengidentifikasi kegiatan tatacara salat.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara salat secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara salat secara individual atau kelompok.
·      Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara salat baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.11  Meyakini kebenaran kisah Nabi Saleh a.s.
2.11  Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
        Memahami kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
Sikap berani Nabi Saleh a.s.
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Saleh a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Saleh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok .
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.12  Meyakini kebenaran kisah Nabi Lut a.s.
2.12  Menunjukkan perilakukerja kerassebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Lut a.s.
        Memahami kisah keteladanan Nabi Luţ a.s
        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
Disiplin Nabi Luţ a.s.
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Luţ a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Luţ a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Luţ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.13  Meyakini kebenaran kisah Nabi Ishaq a.s.
2.13  Menunjukkan sikap damai sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
        Memahami kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
Sikap damai Nabi Ishaq a.s.
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ishaq a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.14  Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
2.14  Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
        Memahami kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s.
        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s.
Jujur Nabi Yaqub a.s.
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Yaqub a.s. baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Yaqub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Yaqub a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s.
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Yaqub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yaqub a.s. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Yaqub a.s. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.15  Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.15  Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
        Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Kisah Nabi Muhammad saw.



·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan Nabi Muhammad saw.
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw.
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw.
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok.
·      Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
.............., .................................
Mengetahui                                                                                         Guru Mata Pelajaran PAI
Kepala Sekolah,

( .......................................... )                                                              ( .......................................... )
NIP. .....................................                                                              NIP. .....................................

SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI TINGKAT SD/ MI DAPAT DI DOWNLOADS PADA LINK INI
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SILABUS K13-PAI-KELAS 2 SD
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2016/08/silabus-k13-pai-kelas-2-sd.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor