SILABUS K13-PAI-KELAS 2 SD
0
komentar
SILABUS
Satuan Pendidikan :
....................................................................
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
: II ( Dua )
Alokasi
Waktu : 4 Jam
Pelajaran / Minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1
Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’ān.
2.1
Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf hijaiyyah
bersambung.
Mengetahui
huruf hijaiyyah
bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
Melafalkan
huruf Hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
|
Huruf hijaiyyah bersambung
|
·
Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·
Mengamati gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan huruf hijaiyyah
bersambung.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf
hijaiyyah bersambung.
·
Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik.
pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok, maupun
individual.
·
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul
huruf dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
·
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat
secara individual dengan bimbingan pendidik.
·
Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan huruf hijaiyyah
bersambung.
·
Mengidentifikasi huruf hijaiyyah dari tingkat yang paling
mudah dan sukar.
·
Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf
secara klasikal, kelompok maupun individual.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang pelafalan huruf hijaiyyah
bersambung secara kelompok atau individual.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.2
Terbiasa membaca al-Qur’āndengan tartil
2.2
Menunjukkan sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasehati
sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S.
an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
Melafalkan
Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas.
Menunjukkan
hafalanQ.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas.
|
Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr
|
·
Mencermati pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal atau individual.
·
Menyimak pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
pelafalan, hafalan dan pesan Q.S. an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang sudah mengetahui
lafal Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr?
·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara kelompok.
·
Secara berpasangan mendiskusikan tentang keterkaitan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan kehidupan sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S.
an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
·
Menghubungkan tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan kehidupan
sehari-hari.
·
Menirukan pelafalan Q.S. an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal,
kelompok maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok.
·
Menghafal bacaan Q.S. an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr ayat per ayat
sesuai makharijul huruf secara berulang-ulang baik secara klasikal,
kelompok maupun individual.
·
Menampilkan hafalan Q.S. an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr baik secara
individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S.
an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara kelompok atau
individual.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.3
Meyakini Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
2.3
Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman hadis
yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
Memahami
hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
Menunjukkan perilaku rajin belajar
sebagai implementasi dari pemahaman makna hadis yang terkait dengan anjuran
menuntut ilmu.
|
Menuntut ilmu dan berani bertanya
|
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku menuntut ilmu dan
berani bertanya secara klasikal atau individual.
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani
bertanya.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang
menunjukkan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Mendiskusikan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan
berani bertanya.
·
Mengidentifikasi perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan berani
bertanya secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku menuntut
ilmu dan berani bertanya secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.4
Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan
sehat.
2.4
Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari
pemahaman hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
Memahami
hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
Mencontohkan
perilaku hidup bersih dan sehat
sebagai implementasi dari pemahaman makna hadis tentang kebersihan dan
kesehatan.
|
Bersih, sehat dan peduli lingkungan
|
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku bersih, sehat dan
peduli lingkungan secara klasikal atau individual.
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli
lingkungan.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersih,
sehat dan peduli lingkungan.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang
menunjukkan perilaku bersih dan sehat, dan peduli lingkungan!
·
Mendiskusikan perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan
peduli lingkungan.
·
Mengidentifikasibersih, sehat dan peduli lingkungan.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan peduli
lingkungan secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku bersih,
sehat dan peduli lingkungan secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.5
Menerima adanya Allah Swt. Yang Maha Suci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha
Pencipta
2.5
Menunjukkan perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi
dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna:
al-Quddus, as-Salam,
dan al-Khaliq.
Memahami
makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
Melafalkan
Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
|
al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
|
·
Mencermati pelafalan dan menyimak arti al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq Allah Swt.
secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah
Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan
alam semesta ini?
·
Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Swt. al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·
Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·
Menirukan pelafalan dan arti Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
secara berulang kali baik secara individual atau berkelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq nya Allah Swt.
secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
nya Allah Swt. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.6
Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan.
2.6
Menunjukkan perilaku sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna doa
sebelum dan sesudah makan.
Memahami
makna doa sebelum dan sesudah makan.
Melafalkan
doa sebelum dan sesudah makan.
|
Doa sebelum dan sesudah makan
|
·
Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara
klasikal atau individual
Mengamati
gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan doa sebelum dan sesudah
makan.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa
sebelum dan sesudah makan.
·
Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai
belajar? coba lafalkan doa sebelum dan sesudah makan!
·
Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa
sebelum dan sesudah makan secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum
dan sesudah makan.
·
Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan.
·
Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara
klasikal, kelompok maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara
berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok.
·
Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah makan dengan
berulang-ulang yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.7
Meyakini bahwa perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai cerminan dari
iman.
2.7
Menunjukkan perilaku kasih sayang kepada sesama.
Memahami makna perilaku kasih sayang
kepada sesama.
Mencontohkan
perilaku kasih sayang kepada sesama.
|
Kasih sayang kepada sesama
|
·
Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama
secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
perilaku kasih sayang kepada sesama.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang kasih sayang kepada sesama
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
kehidupan sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·
Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
secara individual atau kelompok.
·
Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kasih sayang kepada sesama
secara individual maupun kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.8
Meyakini bahwa sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai
cerminan dari iman.
2.8
Menunjukkan sikap kerja sama dan tolong-menolong.
Memahami
sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
Mencontohkan
sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
|
Kerja sama dan tolong menolong
|
·
Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kerja sama dan
tolong menolong secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh kerja sama dan tolong menolong
secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang kerja sama dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang tolong menolong kehidupan
sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja
sama dan tolong menolong.
·
Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kerja
sama dan tolong menolong.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kerja sama dan
tolong menolong secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja sama
dan tolong menolong secara individual atau kelompok.
·
Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kerja
sama dan tolong menolong secara individual maupun kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.9
Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah wudu.
2.9
Menunjukkan perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi
dari pemahaman doa sebelum dan sesudah wudu.
Memahami
doa sebelum dan sesudah wudu.
Mempraktikkan
wudu dan doanya dengan tertib dan benar.
|
Doa dan tatacara wudu
|
·
Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau
individual.
·
Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal
atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
tatacara wudu dan doanya.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang
baik?
·
Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu dan doanya baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal
maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tatacara wudu dan
doanya.
·
Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara wudu dan
doanya secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara wudu
dan doanya secara individual atau kelompok.
·
Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara wudu dan doanya baik
secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.10
Menjalankan salat dengan tertib.
2.10
Menunjuk
kan sikap
disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tata cara salat dan bacaannya.
Memahami
tata cara salat dan bacaannya.
Mempraktikkan
salat dengan tata cara dan bacaan yang benar.
|
Salat dan tatacaranya
|
·
Menyimak tatacara salat secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh tatacara salat secara klasikal
atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
tatacara salat.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang
baik?
·
Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara salat baik secara
klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tatacara salat baik secara klasikal maupun
kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tatacara salat.
·
Mengidentifikasi kegiatan tatacara salat.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara salat secara
kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara
salat secara individual atau kelompok.
·
Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara salat baik secara
individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.11
Meyakini kebenaran kisah Nabi Saleh a.s.
2.11
Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
Memahami
kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
|
Sikap berani Nabi Saleh a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Saleh a.s. secara klasikal
maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Saleh a.s.
baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi
Saleh a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi
Saleh a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap
terpuji Nabi Saleh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok .
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi
Saleh a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.12
Meyakini kebenaran kisah Nabi Lut a.s.
2.12
Menunjukkan perilakukerja kerassebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
Nabi Lut a.s.
Memahami
kisah keteladanan Nabi Luţ a.s
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
|
Disiplin Nabi Luţ a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Luţ
a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Luţ
a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Luţ
a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luţ
a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap
terpuji Nabi Luţ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ
a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Luţ
a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.13
Meyakini kebenaran kisah Nabi Ishaq a.s.
2.13
Menunjukkan sikap damai sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
Nabi Ishaq a.s.
Memahami
kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
|
Sikap damai Nabi Ishaq a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara klasikal
maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara
klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi
Ishaq a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi
Ishaq a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap
terpuji Nabi Ishaq a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi
Ishaq a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.14
Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
2.14
Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Memahami
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
|
Jujur Nabi Ya’qub a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap
terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.15
Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.15
Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Kisah Nabi Muhammad saw.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw secara klasikal
maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik
secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
ketelaladanan Nabi Muhammad saw.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad
saw.
·
Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat
pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw.
·
Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan
Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi
Muhammad saw secara individual atau kelompok.
·
Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap
jujur dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw
secara kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
..............,
.................................
Mengetahui
Guru Mata
Pelajaran PAI
Kepala Sekolah,
( .......................................... )
( .......................................... )
NIP. .....................................
NIP. .....................................
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SILABUS K13-PAI-KELAS 2 SD
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2016/08/silabus-k13-pai-kelas-2-sd.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar