JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN GENERATIF

Posted by Sonin 0 komentar
HEWAN OVIPAR, VIVIPAR, DAN OVOVIVIPAR

Berdasarkan perkembangbiakan hewan secara generatif, maka perkembang biakan hewan dapat dibagi menjadi tiga cara yaitu bertelur (ovipar), Melahirkan atau beranak (vivipar), dan bertelur dan melahirkan (ovovivipar).

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Hewan Ovipar/Betelur
1.             Hewan ovipar
Dalam kamus bahasa besar bahasa Indonesia (KBBI), ovipar adalah jenis reproduksi yg mengakibatkan telur yg dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya.
Adapun ciri-ciri hewan ovipar atau bertelur adalah: a). Tidak mempunyai daun telinga, b). Tidak mempunyai kelenjar susu, c) dan tidak menyusui anaknya.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur/ ovipar yaitu semua bangsa burung/ unggas, sebagian bangsa reptil, sebagian bangsa serangga, sebagian bangsa ikan, dan sebagian bangsa hewan amfibi.
Contoh Gambar Hewan Ovipar

  1. 2. Hewan Vivipar

Hewan Vivipar adalah salah satu cara perkembangbiakan hewan dengan cara beranak atau melahirkan. Cara perkembang biakan ini pada umumnya terjadi pada hewan mamalia atau menyusui.
Adapun ciri-ciri hewan melahirkan (vivipar) adalah: a). Memiliki puting susu, b). Memiliki daun telinga, c). Penutup tubuh hewan vivipar adalah rambut, dan e). Hewan-hewan Vivipar biasanya adalah kelompok dari hewan mamalia.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar, seperti; Sapi, kerbau, Kuda, kera, gajah, harimau, singa, kambing, kucing, anjing, tikus, jerapah, unta, babi, kelelawar dan lain sebagainya.
Berikut contoh gambar hewan Vivipar.


1.             Ovovivipar
Hewan berkembang biak dengan cara Ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak, embrionya berkembang di dalam telur, dan telur tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur menetas.Setelah telur menetas, individu baru tersebut keluar dari tubuh induknya.
Sementara ciri-ciri hewan ovovivipar, yaitu pada embrionya yang berkembang biak dan tumbuh di dalam telur, kemudian setelah cukup umur telur tersebut akan menetas anak hewan keluar dari tubuh induknya. Cadangan makanan yang diperoleh embrio berasal dari dalam telur tersebut, jadi bukan dari tubuh induknya.
Adapun contoh hewan yang berkembang biak dengan cara Ovovivipar (bertelur melahirkan) diantaranya; Ular, kadal, ikan hiu, ikan pari dan lain sebagainya.
Dibawah ini contoh gambar hewan Ovovivipar.

SEMOGA SETELAH MEMBACA DAN MENGAMATI GAMBAR HEWAN OVIPAR, VIVIPAR DAN OVOVIVIPAR DI ATAS WAWASAN DAN KECINTAANNYA KEPADA HEWAN SEMAKIN BESAR SEBAGAI SESAMA MAKHLUK CIPTAAN TUHAN, HEHEHE,, 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN GENERATIF
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2016/08/jenis-jenis-hewan-berdasarkan-generatif.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor