CONTOH: RPP PAI 2013
0
komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : ......................................................
Mata
pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : I / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Tema : Ayo Belajar
Subtema :
Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
I. Kompetensi Inti
KI-1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
II. Kompetensi Dasar
1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Idrīs
a.s.
2.14
Menunjukkan
sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.14.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Idrīs
a.s.
2.14.1 Menunjukkan sikap semangat.
2.14.2 Menunjukkan sikap rajin belajar.
IV. Materi Pembelajaran
Semangat Belajar Nabi Idris a.s
V. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
·
Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan
tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·
Guru menyapa peserta didik.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu
berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
·
Guru menggunakan metode diskusi
dalam bentuk the educational diagnosis meeting, artinya peserta didik
berbincang mengenai pelajaran
di kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya,
agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
|
10 menit
|
INTI
|
·
Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar
lalu menceritakan isi gambar.
·
Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah
Nabi Ādam a.s.
·
Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang
merata kepada siswa.
·
Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya,
kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
·
Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi
Idrīs a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat
diteladani, terutama sikap rajin belajar Nabi Idrīs a.s. sehingga Ia jadi
pandai.
·
Pada kolom “sikapku”, guru
meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan
“aku selalu rajin belajar”.
·
Pada kolom “ayo kerjakan”, peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya
mengarah pada sikap rajin belajar.
·
Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik
untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
50 menit
|
PENUTUP
|
·
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·
Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
·
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas
kepada peserta didik
|
10 menit
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Jakarta 2013 revisi 2016 (draft 2 maret 2016 )
2. Laptop
3. Proyektor
VII.
Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1. Instrumen Penilaian:
a.
Penilaian
tertulis (Terlampir)
b.
Penilaian sikap
(Terlampir)
2. Program Tindak Lanjut:
a.
Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD
> KKM:
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang
menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat dilakukan misalnya
menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku rajin
belajar dalam satu lembar. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
b.
Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD
< KKM :
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan
kembali materi rajin belajar Nabi Idrīs a.s. dan melakukan penilaian kembali (lihat butir
5)dalam
kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.
c.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa”
dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan
orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku
kasih sayang anak dalam keluarganya. Misalnya, orang tua diminta untuk
mengamati perilaku
rajin belajar peserta didik
dalam lingkungan keluarga.
Menyetujui
Kepala Sekolah,
(---------------------------------)
NIP : ……………………..
|
Sekayu,
Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
( ------------------------------)
NIP: ………………….......
|
Lampiran Penilaian
A. Penilaian.
Guru
melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan
individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo berlatih” (dengan
menyebutkan 2 sifat terpuji Nabi Idrīs a.s.).
Penskoran
Benar dan
lengkap =
100
Benar dengan 1
jawaban = 20
Tidak
menjawab/salah = 0
Nilai akhir = Perolehan
nilai x 100
Jumlah skor
Kunci jawaban:
1. Rajin belajar
2. Taat kepada Allah
3. Rajin belajar
4. Ajaran Islam
5. (jawaban dikembangkan guru)
B. Penilaian Sikap
Nama Siswa :
...............
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan Materi
|
||||
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
||||
3
|
Keaktifan
|
||||
4
|
Kesantunan
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 = Baik
2 = Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor =
Skor Maksimal–Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
MK = 14-16
MB = 11-13
MT = 7-10
BT = 4-6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila
peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Refleksi:
1. Hari ini, Aku tahu?
·
Cerita kisah Nabi Idris a.s.;
·
Sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.;
·
Peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Idris a.s.;
·
Sikap terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s
2. Hari ini, Aku
melakukan?
·
Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.;
3. Hari ini, Aku
bersikap?
·
Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan
terselesaikan.
·
Disiplin, karena tertib mengikuti instruksi.
·
Peduli, karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
Santun, karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan
benar.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CONTOH: RPP PAI 2013
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2016/08/contoh-rpp-pai-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar