CONTOH: RPP PAI 2013

Posted by Sonin 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             : ......................................................                                                   
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester         : I / II (Dua)
Alokasi Waktu                        : 2 X 35 menit
Tema                           : Ayo Belajar
Subtema                      : Semangat Belajar Nabi Idris a.s.

I.       Kompetensi Inti
KI-1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.    Kompetensi Dasar
1.14   Meyakini kebenaran kisah Nabi IdrÄ«s a.s.
2.14  Menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah   keteladanan Nabi IdrÄ«s a.s.

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.14.1    Meyakini kebenaran kisah Nabi IdrÄ«s a.s.
2.14.1   Menunjukkan sikap semangat.
2.14.2   Menunjukkan sikap rajin belajar.

IV.    Materi Pembelajaran
Semangat Belajar Nabi Idris a.s

V.  Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN



·         Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·         Guru menyapa peserta didik.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
·         Guru menggunakan  metode diskusi dalam bentuk   the educational diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
10 menit
INTI

·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan isi gambar.
·         Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Nabi Ä€dam a.s.
·         Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.

·         Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya, kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
·         Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi IdrÄ«s a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap rajin belajar Nabi IdrÄ«s a.s. sehingga Ia jadi pandai.
·         Pada kolom “sikapku”,  guru meminta  peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu rajin belajar”.
·         Pada kolom “ayo kerjakan”, peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya  kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap rajin belajar.
·         Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
50 menit
PENUTUP
·         Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·         Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
·         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik
10 menit

VI.      Alat dan Sumber Belajar
1.    Buku Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 2013 revisi 2016 (draft 2 maret 2016 )
2.    Laptop
3.    Proyektor

VII. Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.  Instrumen Penilaian:
a.         Penilaian tertulis (Terlampir)
b.         Penilaian sikap (Terlampir)

2.  Program Tindak Lanjut:
a.         Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat dilakukan misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku rajin belajar dalam satu lembar. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
b.         Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi rajin belajar Nabi Idrīs a.s. dan melakukan penilaian kembali (lihat butir 5)dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.
c.         Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku kasih sayang anak dalam keluarganya. Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku rajin belajar peserta didik dalam lingkungan keluarga.

Menyetujui
Kepala Sekolah,




(---------------------------------)
NIP : ……………………..




Sekayu,          Juli  2016       
Guru Mata Pelajaran




( ------------------------------)
NIP: ………………….......


Lampiran Penilaian

A.  Penilaian.
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo berlatih” (dengan menyebutkan 2 sifat terpuji Nabi IdrÄ«s a.s.).
Penskoran
Benar dan lengkap              = 100
Benar dengan 1 jawaban    =   20
Tidak menjawab/salah       =     0
       Nilai akhir = Perolehan nilai  x 100

      Jumlah skor
Kunci jawaban:
1.   Rajin belajar
2.   Taat kepada Allah
3.   Rajin belajar
4.   Ajaran Islam
5.   (jawaban dikembangkan guru)

B. Penilaian Sikap
Nama Siswa                                           : ...............
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan Materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                        3 =  Baik
2 =  Sedang                                1 =  Kurang baik
Rentang Skor   = Skor Maksimal–Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
MK                    = 14-16
MB                    = 11-13
MT                    = 7-10
BT                     = 4-6

Keterangan:
BT         : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang            dinyatakan dalam indikator).
MT     : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku   yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB        : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang      dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK       : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam   indikator secara  konsisten).
Refleksi:
1.      Hari ini, Aku tahu?
·         Cerita kisah Nabi Idris a.s.;
·         Sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.;
·         Peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Idris a.s.;
·         Sikap terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s
2.    Hari ini, Aku melakukan?
·         Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.;
3.    Hari ini, Aku bersikap?
·         Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
·         Disiplin, karena tertib mengikuti instruksi.
·         Peduli, karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa. Santun, karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CONTOH: RPP PAI 2013
Ditulis oleh Sonin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2016/08/contoh-rpp-pai-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor