1.10.12
Contoh: RPP Fiqh Madrasah Ibtidaiyah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )
Sekolah                         
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran             
: Fiqih
Kelas/Semester             :
I / 1
Alokasi
Waktu              
: 1 x 35 menit
A.   
Standar Kompetensi
1.      Mengenal
lima rukun Islam
B.     Kompetensi
Dasar
1.1    Menyebutkan
lima rukun Islam
C.    Tujuan
Pembelajaran :
§        
Melafalkan lima rukun Islam
§        
Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu
anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam. 
§        
Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1
) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat,
(4) puasa dan (5) haji
D.    Materi
Pembelajaran
§        
Rukun Islam
E.     Metode
Pembelajaran
§        
Ceramah
§        
Tanya jawab
§        
Penugasan
F.     Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§        
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§        
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun
Islam
§        
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§        
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§        
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§        
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§        
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§        
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun
Islam.
§        
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§        
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun
Islam. 
- Kegiatan Penutup
§        
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§        
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian rukun Islam
§        
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.    Alat/Sumber
Belajar
§        
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.    Penilaian
| 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi | 
Teknik
  Penilaian | 
Bentuk
  Penilaian | 
Contoh
  Instrumen | 
| 
§       
  Siswa dapat menyebutkan isi  rukun Islam 
§       
  Siswa dapat menghafal isi dari rukun
  Islam secara urut  
§       
  Siswa dapat menentukan urutan rukun
  Islam  
§       
  Siswa dapat menjelaskan manfaat
  mempelajari lima rukun Islam   | 
Tes Tulis 
Tulis Tulis 
Tes Tulis | 
Uraian 
Uraian 
Uraian | 
§       
  Isi 
  rukun Islam adalah .... 
§       
  Urutan rukun Islam yaitu .... 
§       
  Jelaskan manfaat mempelajari lima
  rukun Islam ! | 
| 
Mengetahui 
Kepala
  Madrasah 
........................................... 
NIP. | 
..............
  , ............................... 
Guru
  bidang studi Fiqih 
.......................................... 
NIP. 
Untuk RPP dan Silabus mata pelajaran lainnya dan Lengkap satu tahun. Bisa dilihat pada link  berikut. Silabus dan RPP Lengkap | 
Label: Contoh RPP Fiqh
Berlangganan Komentar [Atom]



Posting Komentar