1.10.12

 

Contoh: RPP Fiqh Madrasah Ibtidaiyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.      Mengenal lima rukun Islam

B.     Kompetensi Dasar
1.1    Menyebutkan lima rukun Islam

C.    Tujuan Pembelajaran :
§         Melafalkan lima rukun Islam
§         Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
§         Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat, (4) puasa dan (5) haji

D.    Materi Pembelajaran
§         Rukun Islam

E.     Metode Pembelajaran
§         Ceramah
§         Tanya jawab
§         Penugasan

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§         Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§         Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§         Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§         Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§         Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§         Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§         Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§         Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§         Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§         Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.

  1. Kegiatan Penutup
§         Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§         Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§         Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.    Alat/Sumber Belajar
§         Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§        Siswa dapat menyebutkan isi  rukun Islam
§        Siswa dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§        Siswa dapat menentukan urutan rukun Islam
§        Siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam 
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
Uraian
Uraian
Uraian
§        Isi  rukun Islam adalah ....
§        Urutan rukun Islam yaitu ....
§        Jelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam !




Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih





..........................................
NIP.


Untuk RPP dan Silabus mata pelajaran lainnya dan Lengkap satu tahun. Bisa dilihat pada link  berikut. Silabus dan RPP Lengkap

Label:


Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]