Contoh: RPP Fiqh Madrasah Ibtidaiyah

Posted by Sonin Saputra 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.      Mengenal lima rukun Islam

B.     Kompetensi Dasar
1.1    Menyebutkan lima rukun Islam

C.    Tujuan Pembelajaran :
§         Melafalkan lima rukun Islam
§         Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
§         Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat, (4) puasa dan (5) haji

D.    Materi Pembelajaran
§         Rukun Islam

E.     Metode Pembelajaran
§         Ceramah
§         Tanya jawab
§         Penugasan

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§         Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§         Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§         Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§         Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§         Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§         Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§         Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§         Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§         Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§         Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.

  1. Kegiatan Penutup
§         Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§         Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§         Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.    Alat/Sumber Belajar
§         Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§        Siswa dapat menyebutkan isi  rukun Islam
§        Siswa dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§        Siswa dapat menentukan urutan rukun Islam
§        Siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam 
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
Uraian
Uraian
Uraian
§        Isi  rukun Islam adalah ....
§        Urutan rukun Islam yaitu ....
§        Jelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam !




Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih





..........................................
NIP.


Untuk RPP dan Silabus mata pelajaran lainnya dan Lengkap satu tahun. Bisa dilihat pada link  berikut. Silabus dan RPP Lengkap
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Contoh: RPP Fiqh Madrasah Ibtidaiyah
Ditulis oleh Sonin Saputra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2012/10/contoh-rpp-fiqh-madrasah-ibtidaiyah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor