contoh silabus

Posted by Sonin Saputra 0 komentar
SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...................                                    Program        : Pilihan
Mata Pelajaran        : Bahasa Arab                                            Kelas        : X  
Semester           : 1


Standar Kompetensi  
Kompetensi Dasar  
Materi Pokok  
Pengalaman Belajar  
Indikator  
Penilaian    Alokasi
Waktu
(menit)    Sumber/
Bahan/
Alat
    1    2    3    4    5    6    7
MENDENGARKAN

Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri


.
  

1.1    Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
  
Identitas Diri
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
•    Huruf Hijaiyyah

•    Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema















  

•    Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
•    Menirukan bunyi huruf hijaiyah
•    Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama

  

•    Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
•    Melafalkan huruf-huruf Hijaiyah dengan fasih
•    Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
    Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
    Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
  

Jenis Tagihan:
Tugas individu,  praktik, ulangan harian, ulangan umum
   

30 x 45’
38 x 45’

  

Buku Pelajaran Bahasa Arab
Artikel
Gambar-gambar
  
1.2    Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
  
Qawaid:
•    Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya)

•    Fi’il (kata kerja)

•    Al-Harf (harf jar)

•    Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)  

•    Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
•    Menyebutkan kata-kata yang didengar
•    Menuliskan beberapa kata yang didengar.
•    Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar
•    Mendiskusikan isi wacana lisan
•    Menuliskan isi wcana lisan secara umum
•    Memaparkan isi wacana lisan secara umum
•    Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan
•    Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas
•    Menentukan informasi yang didengar melalui gambar
  

•    Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
•    Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
•    Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
•    Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.
  

Bentuk instrumen:
Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda
melengkapi. R/F,      
      
  
  
          
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
    BERBICARA
2.1    Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat


2.2    Melakukan dialog  sederhana, dengan lancar,  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat       
•    Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi  tepat
•    Melafalkan kata/kalimat di depan kelas
•    Mendiskusikan makna/isi gambar
•    Menyampaikan  informasi/hasil diskusi di depan kelas
•    Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak
•    Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara

•    Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya
•    Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
•    Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas
•    Bermain peran    Berbicara
KD 1
    Menirukan ujaran dengan tepat

    Menyebutkan ujaran dengan tepat

    Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks



KD 2
    Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
    Menjawab pertanyaan
     sesuai konteks
    Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
    Melakukan percakapan sesuai konteks
              
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
    MEMBACA
3.1    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat





3.2    Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana









  
  
•    Memahami  bentuk dan tema wacana sederhana
    Menentukan informasi umum/
    Menentukan informasi tertentu
    Menentukan kata kunci dari
    wacana tulis
    Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok

    Menentukan informasi rinci dari wacana tulis

    Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

    Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis

    Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/ denah dsb

    Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
    Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut
    Membaca
KD 1
    Menentukan bentuk wacana tulis
    Menentukan tema wacana tulis




KD 2
    Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
    Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
    Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
    Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
    Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
•    Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
        denah dsb.
•    Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
          
  
3.3    Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat
      
•    Membaca nyaring  kata, frasa dan kalimat  di depan kelas
•    Menyanyikan lagu sesuai tema  
KD 3
    Melafalkan huruf dengan tepat
    Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
          
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
    MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
      
•    Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok
•    Menulis kata-kata yang didiktekan guru
•    Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok
•    Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.
•    Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan
•    Membuat  wacana pendek
    Menulis
KD 1
•    Menulis huruf hijaiyah
•    Menyusun kata, frasa Menulis kata dengan tepat
    Menulis frasa/kalimat dengan tepat
          
  

4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat        

•    Menyusun guntingan-guntingan  kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok

•    Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

    Menulis cerita/paparan singkat sesuai dengan gambar/bagan/ denah yang tersedia
  

KD 2
    Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
    Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
    Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
    Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
    Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
    denah dsb.

          


                                                Jakarta,  ... Juni 2006

Mengetahui/menyetujui:                                                        Penyusun,
Kepala Sekolah,                                                             Guru Bahasa Arab,



______________________                                                        ______________________
NIP.                                                                 NIP.








Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran        : Bahasa Arab                                                Program        : Bahasa
Pertemuan Ke        : 8                                                    Kelas/Semester    : XI / 1
Alokasi Waktu        : 2 x 45  menit

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    Indikator    Materi Pokok & Uraian Materi

MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,












BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
  
1.3    Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat













BERBICARA
10.1      Menyampaikan informasi secara lisan  dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
10.2      Melakukan dialog  sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan  kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat   
Mendengarkan
   KD 1
•    Menentukan bentuk huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
•    Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
•    Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
    Membedakan bunyi  huruf Hijaiyyah dari kosa kata yang mirip
    Membedakan bunyi yang didengar
    Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
    Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
    Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
    Membedakan intonasi dari konteks yang didengar

Berbicara
KD 1
    Menirukan ujaran dengan tepat

    Menyebutkan ujaran dengan tepat

    Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
    Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
    Menjawab pertanyaan
     sesuai konteks
    Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
    Melakukan percakapan sesuai konteks  
IDENTITAS DIRI
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain

•    Percakapan singkat sederhana tentang identitas diri
•    Teks lisan singkat sederhana, tentang identitas diri
Yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Redemittel:
•    Salam :
Assalamu’alaikum, shabaahal khair, nahar saied, lailah saiedah...
•    Menanyakan keaadaan; Kaifa haaluk ?
•    Menyatakan dan menjawab ucapan terima kasih
•    Menanyakan dan menjawab nama diri
•    Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
•    Menanyakan dan menjawab asal daerah/kota
•    Menanyakan dan menjawab status pekerjaan (siswa)
•    Menanyakan dan menjawab nomor telepon
•    Menanyakan dan menjawab nama orang lain
Struktur:
Jumlah Ismiyyah
Jumlah Fi’liyyah
Qawaid:
•    Ism (kata benda, kata ganti, kata tanya)
•    Fi’il (kata kerja)
•    Al-Harf (harf jar)
Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah).


Tujuan Pembelajaran        :  Siswa mampu memperkenalkan diri kepada orang lain, yang memahami bahasa Jerman
Metode Pembelajaran        : Tanya-jawab, bermain  dengan gambar, bermain peran, ceramah
Langkah-langkah Pembelajaran    :
•    Mengucapkan Salam
•    Siswa menirukan salam
•    Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan nama diri
•    Siswa memperkenalkan nama diri
•    Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
•    Siswa menyebutkan  ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
•    Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan tempat tinggal
•    Siswa menyebutkan  ungkapan menyebutkan tempat tinggal
•    Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan kebangsaan
•    Siswa menyebutkan  ungkapan menyebutkan kebangsaan
•    3 orang siswa tampil memperkenalkan diri (nama, pekerjaan, alamat, kebangsaan)
•    Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan  nama diri
•    Siswa menirukan
•    Siswa bertanya kepada teman sebangku
•    Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan  pekerjaan
•    Siswa menirukan
•    Siswa bertanya kepada teman sebangku
•    Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan  tempat tinggal
•    Siswa menirukan
•    Siswa bertanya kepada teman sebangku
•    Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan  kebangsaan
•    Siswa bertanya kepada teman sebangku
•    Siswa berlatih bertanya jawab
•    3 pasang siswa melakukan dialog di depan kelas
Alat dan Sumber Belajar        : Buku Pelajaran Bahasa Arab, guntingan kata-kata, guntingan kalimat
Penilaian                : Praktik


                                                Jakarta,  ... Juni 2006

Mengetahui/menyetujui:                                                        Penyusun,
Kepala Sekolah,                                                             Guru Bahasa Arab,



______________________                                                        ______________________
NIP.                                                                 NIP.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: contoh silabus
Ditulis oleh Sonin Saputra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2010/02/silabus-nama-sekolah-sma.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor