25.2.10
contoh silabus
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ................... Program : Pilihan
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian Alokasi
Waktu
(menit) Sumber/
Bahan/
Alat
1 2 3 4 5 6 7
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
.
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
Identitas Diri
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
• Huruf Hijaiyyah
• Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema
• Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
• Menirukan bunyi huruf hijaiyah
• Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
• Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
• Melafalkan huruf-huruf Hijaiyah dengan fasih
• Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Jenis Tagihan:
Tugas individu, praktik, ulangan harian, ulangan umum
30 x 45’
38 x 45’
Buku Pelajaran Bahasa Arab
Artikel
Gambar-gambar
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Qawaid:
• Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya)
• Fi’il (kata kerja)
• Al-Harf (harf jar)
• Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)
• Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
• Menyebutkan kata-kata yang didengar
• Menuliskan beberapa kata yang didengar.
• Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar
• Mendiskusikan isi wacana lisan
• Menuliskan isi wcana lisan secara umum
• Memaparkan isi wacana lisan secara umum
• Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan
• Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas
• Menentukan informasi yang didengar melalui gambar
• Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
• Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
• Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
• Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.
Bentuk instrumen:
Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda
melengkapi. R/F,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
BERBICARA
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
• Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi tepat
• Melafalkan kata/kalimat di depan kelas
• Mendiskusikan makna/isi gambar
• Menyampaikan informasi/hasil diskusi di depan kelas
• Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak
• Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
• Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya
• Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
• Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas
• Bermain peran Berbicara
KD 1
Menirukan ujaran dengan tepat
Menyebutkan ujaran dengan tepat
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Melakukan percakapan sesuai konteks
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MEMBACA
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
• Memahami bentuk dan tema wacana sederhana
Menentukan informasi umum/
Menentukan informasi tertentu
Menentukan kata kunci dari
wacana tulis
Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/ denah dsb
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut
Membaca
KD 1
Menentukan bentuk wacana tulis
Menentukan tema wacana tulis
KD 2
Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
• Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
• Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
• Membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di depan kelas
• Menyanyikan lagu sesuai tema
KD 3
Melafalkan huruf dengan tepat
Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
• Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok
• Menulis kata-kata yang didiktekan guru
• Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok
• Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.
• Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan
• Membuat wacana pendek
Menulis
KD 1
• Menulis huruf hijaiyah
• Menyusun kata, frasa Menulis kata dengan tepat
Menulis frasa/kalimat dengan tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
• Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok
• Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Menulis cerita/paparan singkat sesuai dengan gambar/bagan/ denah yang tersedia
KD 2
Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
Jakarta, ... Juni 2006
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Program : Bahasa
Pertemuan Ke : 8 Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok & Uraian Materi
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
1.3 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
BERBICARA
10.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
10.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Mendengarkan
KD 1
• Menentukan bentuk huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
• Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
• Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
Membedakan bunyi huruf Hijaiyyah dari kosa kata yang mirip
Membedakan bunyi yang didengar
Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Membedakan intonasi dari konteks yang didengar
Berbicara
KD 1
Menirukan ujaran dengan tepat
Menyebutkan ujaran dengan tepat
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Melakukan percakapan sesuai konteks
IDENTITAS DIRI
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
• Percakapan singkat sederhana tentang identitas diri
• Teks lisan singkat sederhana, tentang identitas diri
Yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Redemittel:
• Salam :
Assalamu’alaikum, shabaahal khair, nahar saied, lailah saiedah...
• Menanyakan keaadaan; Kaifa haaluk ?
• Menyatakan dan menjawab ucapan terima kasih
• Menanyakan dan menjawab nama diri
• Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
• Menanyakan dan menjawab asal daerah/kota
• Menanyakan dan menjawab status pekerjaan (siswa)
• Menanyakan dan menjawab nomor telepon
• Menanyakan dan menjawab nama orang lain
Struktur:
Jumlah Ismiyyah
Jumlah Fi’liyyah
Qawaid:
• Ism (kata benda, kata ganti, kata tanya)
• Fi’il (kata kerja)
• Al-Harf (harf jar)
Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah).
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memperkenalkan diri kepada orang lain, yang memahami bahasa Jerman
Metode Pembelajaran : Tanya-jawab, bermain dengan gambar, bermain peran, ceramah
Langkah-langkah Pembelajaran :
• Mengucapkan Salam
• Siswa menirukan salam
• Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan nama diri
• Siswa memperkenalkan nama diri
• Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
• Siswa menyebutkan ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
• Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan tempat tinggal
• Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan tempat tinggal
• Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan kebangsaan
• Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan kebangsaan
• 3 orang siswa tampil memperkenalkan diri (nama, pekerjaan, alamat, kebangsaan)
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan nama diri
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan pekerjaan
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan tempat tinggal
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan kebangsaan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Siswa berlatih bertanya jawab
• 3 pasang siswa melakukan dialog di depan kelas
Alat dan Sumber Belajar : Buku Pelajaran Bahasa Arab, guntingan kata-kata, guntingan kalimat
Penilaian : Praktik
Jakarta, ... Juni 2006
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SMA ................... Program : Pilihan
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian Alokasi
Waktu
(menit) Sumber/
Bahan/
Alat
1 2 3 4 5 6 7
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
.
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
Identitas Diri
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
• Huruf Hijaiyyah
• Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema
• Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
• Menirukan bunyi huruf hijaiyah
• Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
• Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
• Melafalkan huruf-huruf Hijaiyah dengan fasih
• Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Jenis Tagihan:
Tugas individu, praktik, ulangan harian, ulangan umum
30 x 45’
38 x 45’
Buku Pelajaran Bahasa Arab
Artikel
Gambar-gambar
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Qawaid:
• Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya)
• Fi’il (kata kerja)
• Al-Harf (harf jar)
• Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)
• Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
• Menyebutkan kata-kata yang didengar
• Menuliskan beberapa kata yang didengar.
• Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar
• Mendiskusikan isi wacana lisan
• Menuliskan isi wcana lisan secara umum
• Memaparkan isi wacana lisan secara umum
• Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan
• Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas
• Menentukan informasi yang didengar melalui gambar
• Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
• Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
• Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
• Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.
Bentuk instrumen:
Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda
melengkapi. R/F,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
BERBICARA
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
• Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi tepat
• Melafalkan kata/kalimat di depan kelas
• Mendiskusikan makna/isi gambar
• Menyampaikan informasi/hasil diskusi di depan kelas
• Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak
• Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
• Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya
• Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
• Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas
• Bermain peran Berbicara
KD 1
Menirukan ujaran dengan tepat
Menyebutkan ujaran dengan tepat
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Melakukan percakapan sesuai konteks
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MEMBACA
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
• Memahami bentuk dan tema wacana sederhana
Menentukan informasi umum/
Menentukan informasi tertentu
Menentukan kata kunci dari
wacana tulis
Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/ denah dsb
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut
Membaca
KD 1
Menentukan bentuk wacana tulis
Menentukan tema wacana tulis
KD 2
Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
• Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
• Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
• Membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di depan kelas
• Menyanyikan lagu sesuai tema
KD 3
Melafalkan huruf dengan tepat
Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
• Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok
• Menulis kata-kata yang didiktekan guru
• Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok
• Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.
• Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan
• Membuat wacana pendek
Menulis
KD 1
• Menulis huruf hijaiyah
• Menyusun kata, frasa Menulis kata dengan tepat
Menulis frasa/kalimat dengan tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
• Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok
• Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Menulis cerita/paparan singkat sesuai dengan gambar/bagan/ denah yang tersedia
KD 2
Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
Jakarta, ... Juni 2006
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Program : Bahasa
Pertemuan Ke : 8 Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok & Uraian Materi
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
1.3 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
BERBICARA
10.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
10.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Mendengarkan
KD 1
• Menentukan bentuk huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
• Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
• Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
Membedakan bunyi huruf Hijaiyyah dari kosa kata yang mirip
Membedakan bunyi yang didengar
Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Membedakan intonasi dari konteks yang didengar
Berbicara
KD 1
Menirukan ujaran dengan tepat
Menyebutkan ujaran dengan tepat
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Melakukan percakapan sesuai konteks
IDENTITAS DIRI
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
• Percakapan singkat sederhana tentang identitas diri
• Teks lisan singkat sederhana, tentang identitas diri
Yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Redemittel:
• Salam :
Assalamu’alaikum, shabaahal khair, nahar saied, lailah saiedah...
• Menanyakan keaadaan; Kaifa haaluk ?
• Menyatakan dan menjawab ucapan terima kasih
• Menanyakan dan menjawab nama diri
• Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
• Menanyakan dan menjawab asal daerah/kota
• Menanyakan dan menjawab status pekerjaan (siswa)
• Menanyakan dan menjawab nomor telepon
• Menanyakan dan menjawab nama orang lain
Struktur:
Jumlah Ismiyyah
Jumlah Fi’liyyah
Qawaid:
• Ism (kata benda, kata ganti, kata tanya)
• Fi’il (kata kerja)
• Al-Harf (harf jar)
Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah).
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memperkenalkan diri kepada orang lain, yang memahami bahasa Jerman
Metode Pembelajaran : Tanya-jawab, bermain dengan gambar, bermain peran, ceramah
Langkah-langkah Pembelajaran :
• Mengucapkan Salam
• Siswa menirukan salam
• Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan nama diri
• Siswa memperkenalkan nama diri
• Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
• Siswa menyebutkan ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
• Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan tempat tinggal
• Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan tempat tinggal
• Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan kebangsaan
• Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan kebangsaan
• 3 orang siswa tampil memperkenalkan diri (nama, pekerjaan, alamat, kebangsaan)
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan nama diri
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan pekerjaan
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan tempat tinggal
• Siswa menirukan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan kebangsaan
• Siswa bertanya kepada teman sebangku
• Siswa berlatih bertanya jawab
• 3 pasang siswa melakukan dialog di depan kelas
Alat dan Sumber Belajar : Buku Pelajaran Bahasa Arab, guntingan kata-kata, guntingan kalimat
Penilaian : Praktik
Jakarta, ... Juni 2006
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Label: contoh silabus
Berlangganan Postingan [Atom]
Posting Komentar