KOMPETENSI UNTUK SLTA

Posted by Sonin Saputra 0 komentar
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMA, MA, SMALB, SMK DAN MAK
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas
(SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna,
damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan
umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk
peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan
moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual
mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta
pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama
diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa
kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan
manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis
dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong
dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan yang
secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan
materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang
tersedia;
3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk
mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan
dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya
menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan
keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang
bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan,
hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam
lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
2
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar
perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang
tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan
pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan
pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta
pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia
muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia
yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur,
adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara
personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas
sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al-Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian
antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama
manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam
sekitarnya.
3
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang manusia
dan tugasnya sebagai
khalifah di bumi.
1.1 Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-
14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2 Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-
Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl :
78.
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi
seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-
Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl :
78.
2. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang keikhlasan
dalam beribadah.
2.1 Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-
Bayyinah; 5.
2.2 Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-
Bayyinah; 5.
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah
seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163
dan Al-Bayyinah; 5.
Aqidah
3. Meningkatkan keimanan
kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifatNya
dalam Asmaul Husna
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
4
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Akhlak
4. Membiasakan perilaku
terpuji
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari.
Fiqih
5. Memahami sumber
hokum Islam, hukum
taklifi, dan hikmah
ibadah.
5.1 Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi
Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber
hukum Islam
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi
hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari.
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam
membina umat periode
Makkah.
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW
periode Makkah.
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Makkah
5
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
7. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang Demokrasi
7.1 Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura;
38.
7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy
Syura; 38.
7.3 Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti
terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS
Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
Aqidah
8. Meningkatkan keimanan
kepada Malaikat.
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
malaikat.
8.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada malaikat.
8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman
kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak
9. Membiasakan perilaku
terpuji.
9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima
tamu.
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau
menerima tamu.
9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
dalam kehidupan sehari-hari.
10. Menghindari Perilaku
Tercela
10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya
dan diskriminasi
10.3 Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
dalam kehidupan sehari-hari
6
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
11. Memahami hukum Islam
tentang zakat, haji dan
wakaf.
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang
pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat,
haji dan wakaf.
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
12. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam
membina umat periode
Madinah.
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW
periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah
SAW periode Madinah.
7
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.1 Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir
: 32
1. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang kompetisi
dalam kebaikan 1.2 Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS.
al Fatir : 32
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperti terkandung dalam QS. al
Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
2.1 Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah
: 177
2.2 Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al
Baqarah : 177
2. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang perintah
menyantuni kaum
Dhu’afa
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum
Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra :
26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Aqidah
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Rasulrasul Allah
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Rasul-rasul Allah
3. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul rasul Allah
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
Akhlaq
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja’
4. Membiasakan berperilaku
terpuji
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’
dalam kehidupan sehari-hari
8
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
5.1 Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam
Islam
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam
Islam
5. Memahami hukum Islam
tentang Mu’amalah
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam
kehidupan sehari-hari
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad
pertengahan
6. Memahami perkembangan
Islam pada abad
pertengahan (1250 –
1800) 6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam pada abad pertengahan
9
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
7.1 Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf:
56-58, dan QS Ash Shad: 27
7. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang perintah
menjaga kelestarian
lingkungan hidup 7.2 Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-
A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
7.3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup seperti terkandung dalam
QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan
Shad: 27
Aqidah
8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8. Meningkatkan keimanan
kepada Kitab-kitab Allah
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitabkitab
Allah
Akhlak
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain
9.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai
karya orang lain
9. Membiasakan perilaku
terpuji
9.3 Membiasakan perilaku menghargai karya
orang lain dalam kehidupan sehari-hari
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10. Menghindari perilaku
tercela
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan sehari-hari
10
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
11.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
11. Memahami ketentuan
hukum Islam tentang
pengurusan jenazah
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan
dakwah
12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan
dakwah
12. Memahami khutbah,
tabligh dan dakwah
12.3 Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa
modern
13. Memahami perkembangan
Islam pada masa modern
(1800-sekarang)
13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam pada masa modern
11
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.1 Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41,
dan QS. al Kahfi : 29
1. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang anjuran
bertoleransi 1.2 Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
1.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
2.1 Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
2.2 Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS.
Al Jumuah : 9-10
2. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang etos kerja
2.3 Membiasakan perilaku beretos kerja seperti
terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
Aqidah
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Hari Akhir
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
3. Meningkatkan keimanan
kepada Hari Akhir
3.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang
lain dalam kehidupan sehari-hari
Akhlaq
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal
shaleh
4.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan
amal shaleh
4. Membiasakan perilaku
terpuji
4.3 Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal
shaleh dalam kehidupan sehari-hari
12
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan
dalam Islam
5. Memahami Hukum Islam
tentang Hukum Keluarga
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di
Indonesia
6. Memahami perkembangan
Islam di Indonesia
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di
Indonesia
13
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
7.1 Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah
: 164
7. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang
pengembangan IPTEK 7.2 Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164
7.3 Melakukan pengembangan IPTEK seperti
terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164
Aqidah
8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada
Qadha’ dan Qadar
8. Meningkatkan keimanan
kepada Qadha’ dan
Qadhar 8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Qadha’
dan Qadhar
Akhlaq
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan
dan kerukunan
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan
kerukunan
9. Membiasakan perilaku
terpuji
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan
10.1 Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah
dan Fitnah
10.2 Menjelaskan contoh perilaku Isyrof, Tabzir,
Ghibah dan Fitnah
10. Menghindari perilaku
tercela
10.3 Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah
dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
11. Memahami Hukum Islam 11.1 Menjelaskan ketentuan hukum Waris
tentang Waris 11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris
14
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di
dunia
12. Memahami perkembangan
Islam di dunia
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam
di dunia
E. Arah Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk
madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KOMPETENSI UNTUK SLTA
Ditulis oleh Sonin Saputra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2010/02/kompetensi-untuk-slta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor