16.2.10
CONTOH RPP BAHASA ARAB 2 Tingkat MTS
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
1-5
5 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
1.1. Mengenal mufrodat tentang benda-benda di kelas
1.2. Mendemonstrasikan mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Melafalkan mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Membaca mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Menulis mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Menghafal mufrodat tentang benda-benda di kelas
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal ar mufrodat tentang benda-benda di kelas dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2)
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang benda-benda di kelas (2)
o Melafalkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) melalui alat peraga
o Membaca 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2)
o Menyalin tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda dikelas (2) dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan tentang benda- benda di kelas melalui alat peraga
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
6-10
5 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
1.1.Mengenal mufrodat tentang nama-nama hewan
1.2.Mendemonstrasikan mufrodat tentang nama-nama hewan
o Melafalkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Membaca 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Menulis 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal 10 mufrodat tentang nama-nama hewan sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang nama-nama hewan
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan melalui alat peraga
o Membaca 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan
o Menulis 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 10 mufrodat nama-nama hewan dikelas dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan tentang nama-nama hewan melalui alat peraga
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
11-13
3 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
3.1. Mengenal mufrodat tentang nama-nama kendaraan
3.2.Mendemonstrasikan mufrodat Mengenal mufrodat tentang nama-nama kendaraan
o Melafalkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan lafal yang benar
o Membaca 5 mufrodat tentang nama-nama kenadaraan dengan kaidah membaca yang benar
o Menulis 5 mufrodat tentang nama-nama kenadaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 5 mufrodat nama nama-nama kenadaraan melalui alat peraga
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang nama-nama kendaraan sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang nama-nama kendaraan
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan melalui alat peraga
o Membaca 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan
o Menulis 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 5 mufrodat nama-nama kendaraan dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan melalui alat peraga
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
14-16
2 x 35 menit
3. Mengetahui dan memahami mahfudzat dan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
3.1.Mengenal mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
3.2.Mendemontrasikan mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Melafalkan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Membaca 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Menulis 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal 1 (satu) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 2 (dua) mahfudzot tentang adab/tatakrama
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang 2 (dua) buah mahfudzot
o Melafalkan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Membaca 2 (dua) buah mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 2 (dua) buah mahfudzot ke tentang adab/tatakrama ke dalam bahasa Indonesia guru ke dalam bahasa Indonesia
o Menulis 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan kaidah penulisan yang benar
o Menunjukkan hafalan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
17
2 x 35 menit
3. Mengetahui dan memahami mahfudzat dan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
3.1.Mengenal ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar /percakapan sederhana
3.2.Mendemonstrasikan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
o Melafalkan 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan tentang ucapan selamat (3)
o Mengucap ulang 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
o Melakukan tanya jawab 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
o Mendemonstrasikan 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar /percakapan sederhana sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan tentang ucapan selamat (3)
o Mengucap ulang 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
o Melakukan tanya jawab 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
o Mendemonstrasikan 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat(3)
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
1-5
5 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
1.1. Mengenal mufrodat tentang benda-benda di kelas
1.2. Mendemonstrasikan mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Melafalkan mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Membaca mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Menulis mufrodat tentang benda-benda di kelas
o Menghafal mufrodat tentang benda-benda di kelas
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal ar mufrodat tentang benda-benda di kelas dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2)
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang benda-benda di kelas (2)
o Melafalkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) melalui alat peraga
o Membaca 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2)
o Menyalin tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda dikelas (2) dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 10 mufrodat tentang benda-benda di kelas (2) dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan tentang benda- benda di kelas melalui alat peraga
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
6-10
5 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
1.1.Mengenal mufrodat tentang nama-nama hewan
1.2.Mendemonstrasikan mufrodat tentang nama-nama hewan
o Melafalkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Membaca 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Menulis 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal 10 mufrodat tentang nama-nama hewan sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang nama-nama hewan
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan melalui alat peraga
o Membaca 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan
o Menulis 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang nama-nama hewan dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 10 mufrodat nama-nama hewan dikelas dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan tentang nama-nama hewan melalui alat peraga
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
11-13
3 x 35 menit
1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di kelas, nama- nama hewan, nama-nama kendaraaan
3.1. Mengenal mufrodat tentang nama-nama kendaraan
3.2.Mendemonstrasikan mufrodat Mengenal mufrodat tentang nama-nama kendaraan
o Melafalkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan lafal yang benar
o Membaca 5 mufrodat tentang nama-nama kenadaraan dengan kaidah membaca yang benar
o Menulis 5 mufrodat tentang nama-nama kenadaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 5 mufrodat nama nama-nama kenadaraan melalui alat peraga
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang nama-nama kendaraan sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 10 mufrodat tentang nama-nama kendaraan
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan lafal yang benar
o Menyebutkan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan melalui alat peraga
o Membaca 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan
o Menulis 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan dengan kaidah penulisan yang benar
o Mencocokkan 5 mufrodat nama-nama kendaraan dengan gambar yang tersedia
o Menunjukkan hafalan 5 mufrodat tentang nama-nama kendaraan melalui alat peraga
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
14-16
2 x 35 menit
3. Mengetahui dan memahami mahfudzat dan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
3.1.Mengenal mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
3.2.Mendemontrasikan mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Melafalkan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Membaca 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Menulis 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan kaidah penulisan yang benar
o Menghafal 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal 1 (satu) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : 2 (dua) mahfudzot tentang adab/tatakrama
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang 2 (dua) buah mahfudzot
o Melafalkan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan lafal yang benar
o Membaca 2 (dua) buah mahfudzat tentang adab/tatakrama dengan kaidah membaca yang benar
o Mengartikan 2 (dua) buah mahfudzot ke tentang adab/tatakrama ke dalam bahasa Indonesia guru ke dalam bahasa Indonesia
o Menulis 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama dengan kaidah penulisan yang benar
o Menunjukkan hafalan 2 (dua) buah mahfudzot tentang adab/tatakrama Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
:
:
:
:
:
:
:
: Bahasa Arab
II (dua)/ 1
17
2 x 35 menit
3. Mengetahui dan memahami mahfudzat dan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
3.1.Mengenal ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar /percakapan sederhana
3.2.Mendemonstrasikan ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana
o Melafalkan 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan tentang ucapan selamat (3)
o Mengucap ulang 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
o Melakukan tanya jawab 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
o Mendemonstrasikan 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar /percakapan sederhana sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar
II. Materi Ajar : ungkapan-ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
III. Metode Pembelajaran : Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir/Evaluasi
o Appersepsi dan Absensi
o Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melafalkan 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan tentang ucapan selamat (3)
o Mengucap ulang 3 (tiga) ungkapan bahasa Arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana tentang ucapan selamat (3)
o Melakukan tanya jawab 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat (3)
o Mendemonstrasikan 3 ( tiga ) ungkapan-ungkapan bahasa arab dalam bentuk hiwar/percakapan sederhana di depan kelas tentang ucapan selamat(3)
o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o Memberikan Tugas latihan/PR
o Doa/Penutup
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat
VI. Penilaian : Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis
Label: CONTOH RPP BAHASA ARAB 2
Berlangganan Postingan [Atom]
Posting Komentar